bdadinfo.com

Karya Anak Bangsa Membuat Jalan Tol Semarang Demak dari Bahan Bambu dan Berfungsi Sebagai Tanggul Laut - News

Karya Anak Bangsa Membuat Jalan Tol Semarang Demak dari Bahan Bambu dan Berfungsi Tanggul Laut

- Pernah nggak sih kalian ngebayangin kalau ada jalan tol yang dibuat dari bambu. Emangnya bisa pakai bambu kita Yakin banget pasti sebagian besar dari kalian terkejut.

Padahal ada lebih dari 10 juta batang bambu yang ternyata dijadikan struktur dasar konstruksi tol ruas Semarang Demak sepanjang 6 km.

Jalan tol bisa terbangun di atas laut berkat bambu itulah yang terjadi di ruas tol Semarang-Demak Jawa Tengah jadi tol ini dibagi Jadi dua bagian konstruksinya.

Baca Juga: Jalan Tol Padang Sicincin Si Paling Ribet di Indonesia Pernah Mangkrak, Ternyata Inovasinya Luar Biasa Begini

Bagian pertama antara Semarang sayung sepanjang 10,64 KM yang dikerjakan sama pemerintah dan biayanya mencapai 10 triliun.

Bagian kedua Sayung Demak sejauh 16,31 km itu adalah milik badan usaha jalan tol PT pembangunan Perumahan Semarang Demak.

Selain ada di atas laut tol Semarang Demak ini juga dilengkapi dengan rest area kolam retensi dan juga rumah pompa. Jadi selain jadi jalan tol ini juga berfungsi sebagai tanggul laut yang bisa melindungi kota Semarang dari banjir pasang laut.

Baca Juga: Vonis Dianulir MA, Dua Terpidana Korupsi Tol Padang Sicincin Kembali Ditahan

Di sinilah bambu jadi pahlawannya bambu ini digunakan sebagai struktur tanggul dan juga konstruksi jalan tol caranya gampang kok batang bambu diolah dan dibentuk kayak matras.

Atau bahkan ditancapkan ke tanah biasanya ini dilakukan sebelum jalan tol jadi terutama di bagian Semarang Sayung yang juga jadi tanggul laut.

Yang menarik konstruksi ini adalah yang pertama di Indonesia yang menggabungkan jalan tol sama tanggul laut Jadi gimana sih caranya sampai bisa dipakai di proyek tol laut ruas Semarang Sayur.

Karya Anak Bangsa Membuat Jalan Tol Semarang Demak dari Bahan Bambu dan Berfungsi Tanggul Laut
Karya Anak Bangsa Membuat Jalan Tol Semarang Demak dari Bahan Bambu dan Berfungsi Tanggul Laut

Begini pertama-tama ada 7 batang bambu yang diikat jadi satu terus ditancapkan jarak antara setiap bambu yang diikat itu sekitar 1 meter dan lebarnya bisa sampai 150 meter

Terus ada lagi batang bambu yang dirakit dan diikat terus dipasang di atas ikatan bambu yang udah ditancapin atau di cerucuk tiap ikatan bambu ini bentuknya kayak persegi panjang yang bikin rakit Bambu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat