bdadinfo.com

Jalan Tol Padang Sicincin Si Paling Ribet di Indonesia Pernah Mangkrak, Ternyata Inovasinya Luar Biasa Begini - News

Jalan Tol Padang Sicincin si paling ribet di Indonesia, ternyata inovasinya luar biasa begini (hkinfrastruktur.com)

- Pembangunan jalan tol Padang Sicincin yang merupakan bagian dari ruas tol Padang Pekanbaru jadi perhatian.

Sebabnya nih pembangunan jalan tol Padang Sicincin sempat mangkrak, karena 4 tahun hanya bisa dibangun 4 kilometer saja.

Masalah lambatnya pembangunan jalan tol Padang Sicincin yang hanya 4 kilometer dari Desember 2018 sampai Agustus 2022 ini jadi perhatian. Malah jalan tol Padang Sicincin ini dilabeli sebagai jalan tol paling ribet di Indonesia.

Baca Juga: Menikmati Santapan Lezat sekaligus Dapat View Pemandangan Indah di Safari Cafe & Resto

Nah tahu nggak bagaimana sih profil jalan tol Padang Sicincin ini, yuk simak yuk selengkapnya.

Dilabeli jalan tol paling ribet di Indonesia, jalan tol Padang Sicincin ini terhambat karena masalah pembebasan lahan yang alot dari tahun ke tahun.

Tapi jangan salah lho, boleh saja dilabeli jalan tol paling ribet di Indonesia, tapi nih pembangunan jalan tol Padang Sicincin ini menerapkan inovasi yang efisien lho.

Baca Juga: Inilah Beberapa Tokoh Asli Aceh yang Pernah Menjabat Menteri Era Soeharto hingga SBY

BUMN PT Hutama Karya yang bangun ruas tol Padang Sicincin menginformasikan inovasi di ruas seksi tol bagian dari jalan tol Padang Pekanbaru yang total panjang ruas 254 kilometer.

"Inovasi yang diterapkan di Jalan Tol Padang-Sicincin adalah penggunaan full displacement column untuk metode perbaikan tanah lunak agar tidak perlu waktu tunggu untuk konsolidasi tanah eksisting," tulis Hutama Karya Infrasktruktur dikutip dari laman perusahaan, Selasa 18 Juli 2023.

Konstruksi yang telah dilakukan antara lain, peletakan timbunan, pelapisan fondasi dasar base A, pelapisan rabat beton (Lean Concrete/LC), perkerasan kaku (rigid pavement), membangun struktur bawah jembatan, dan box traffic.

Baca Juga: Pagi-pagi, Polisi di Bengkulu Berhasil Temukan Ladang Ganja Seluas 1,5 Hektare: Ditanam Bareng Kopi

Nah Hutama Karya Infrastruktur mengatakan, Jalan tol Padang-Sicincin merupakan bagian dari Jalan Tol Bukittinggi-Padang, yang mulai dibangun pada 20 Desember 2018. Memiliki main road sepanjang 36km, jalan tol ini memiliki 3 gerbang tol, 24 jembatan, dan direncanakan memiliki 1 rest area. Kecepatan rencana pada jalan tol ini yakni 80 km/jam.

Walau sempat mangkrak bertahun-tahun, perkembangan terkini pembangunan jalan tol Padang Sicincin kini makin dikebut untuk bisa beroperasi penuh pada 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat