bdadinfo.com

Kembali ke Masa Lalu, Menelusuri Warisan Sejarah Islam di Sumatera melalui Masjid Tuo Kayu Jao - News

Menelusuri Masjid Tuo Kayu Jao dalam sejarah islam di Sumatera (Good News from Indonesia)

- Masjid Tuo Kayu Jao, sebuah tempat suci yang mengesankan, menjadi jendela yang membuka pandangan ke masa lalu yang kaya dengan jejak-jejak Islam di pulau Sumatera.

Sebagai salah satu peninggalan sejarah yang penting, masjid ini tidak hanya merupakan pusat ibadah, tetapi juga simbol perjalanan panjang Islam di tanah ini.

Melalui tiang-tiang kayu yang bersaksi bisu dan arsitektur kuno yang anggun, kita dapat menjelajahi cerita-cerita menarik yang terjalin dengan perkembangan Islam di kawasan ini.

Baca Juga: Buktikan Carbon Neutral Mobility, Toyota Hadirkan Kendaraan Flexy Fuel di GIIAS 2023

Masjid Tuo Kayu Jao ditemukan di Jalan Kampung Kayu Jao, Jorong Kayu Jao, Kenagarian Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, di Provinsi Sumatera Barat.

Lokasi masjid ini berada pada ketinggian 1.152 meter di atas permukaan laut.

Menikmati suasana di dalam masjid ini adalah pengalaman yang nyaman, karena tempatnya terletak di bawah lembah yang dikelilingi oleh panorama alam hijau yang luas dan diperindah dengan keberadaan taman-taman indah.

Baca Juga: Kepaksian Sekala Brak: Kerajaan Islam dari Provinsi Lampung yang Masih Berdiri Sampai saat ini

Udara di sekitar Masjid Kayu Jao sangatlah segar dan sejuk, hal ini dapat diperoleh berkat kedekatannya dengan area perkebunan teh yang dikelilingi oleh perbukitan hijau yang memanjakan mata.

Masjid Tuo Kayu Jao dikelilingi oleh perbukitan, dengan masjid itu sendiri terletak di dataran yang sedikit lebih rendah dari sekitarnya.

kibatnya, masjid ini memberikan kesan dikelilingi oleh pemandangan perbukitan yang indah.

Baca Juga: Kalender Destinasi Festival Bulan September hingga Desember pada 2023 di Sumatera Barat, Intip Yuk!

Di bagian timur dan berkeliling menuju arah selatan, terlihat aliran sungai kecil yang airnya jernih, sering digunakan oleh jamaah untuk berwudhu sebelum melaksanakan sholat.

Oleh karena itu, di sisi selatan masjid telah dibangun fasilitas tempat berwudhu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat