bdadinfo.com

Universitas Andalas Buka Pendaftaran Calon Rektor, Intip di Sini 10 Syaratnya! - News

Pemilihan Calon Rektor Universitas Andalaa dimulai September 2023. (Instagram @unandofficial)

- Universitas Andalas membuka peluang bagi sejumlah pihak di bidang pendidikan untuk mencalonkan diri sebagai Rektor Periode 2023-2028.

Diketahui, masa jabatan Rektor Universitas Andalas periode 2019-2023 akan berakhir pada 24 November mendatang. 

Wakil Ketua Majelis Wali Amanat (Waka MWA) Prof Werry Darta Taifur menjelaskan, oleh karena itu pihak Universitas Andalas harus dengan segera melangsungkan pemilihan rektor sebelum masa jabatan berakhir. 

Baca Juga: Mengenal Pahlawan Sumatra yang Tidak Muncul dalam Sejarah: Seorang Wartawan yang Berani Menyuarakan Kebenaran

Menurut dia, pemilihan, pengangkatan, pemberhentian dan masa jabatan rektor penganti berbeda dengan rektor saat ini.

Hal itu akibat perubahan status Universitas Andalas dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTNBLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Lebih jauh dikatakan, adapun aspek yang mengalami perubahan antara lain, peraturan jika pemilihan rektor sebelumnya erdasarkan peraturan Mendikbud, untuk saat ini pemilihan rektor penganti berdasarkan peraturan MWA. 

Baca Juga: Jadi Raja Tekstil dari Medan, Ini Sosok Pengusaha Terkaya Zaman Penjajahan Jepang

Aturan lama, mengatur masa jabatan Rektor sekarang empat tahun. Sedangkan untuk masa jabatan Rektor yang terpilih nanti, akan lebih lama satu tahun yaitu selama lima tahun dengan periode 2023-2028. 

Selain itu, pemilihan rektor Universitas Andalas sekarang dilakukan oleh MWA. Kemudian, pelantikan rektor penganti nanti akan dilakukan oleh Ketua MWA Universitas Andalas.

Lebih lanjut, Prof Werry mengatakan terdapat tiga proses yang dilalui dalam pemilihan Rektor ini. 

Baca Juga: Simak Fakta Mengenai Harimau Sumatera: Spesies yang Merupakan Kekayaan Indonesia yang Terancam Punah

Pertama, penjaringan Bakal Calon Rektor oleh dosen. Kedua, penyaringan bakal calon menjadi tiga calon rektor oleh Senat Akademik Universitas (SAU). Ketiga, pemilihan calon rektor menjadi rektor oleh MWA.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pemilihan Prof Febrin Anas Ismail mengatakan tahapan pemilihan rektor dimulai pendaftaran sejak 1 hingga 21 September 2023.

Kemudian, ada pemeriksaan kelengkapan bakal calon dari tanggal 21 hingga 23 September 2023. Lalu, penetapan bakal calon yang lolos administrasi 29 September 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat