bdadinfo.com

Mengenal UEFA Conference League, Kompetisi Kasta Ketiga Eropa yang Dibuat Oleh UEFA - News

Mengenal UEFA Conference League, Kompetisi Kasta Ketiga Eropa yang Dibuat Oleh UEFA/Panditfall

- Bagi penggemar sepakbola Eropa, pasti sudah mengenal kompetisi sepakbola di Eropa yang tidak hanya terkenal di Eropa saja, tetapi juga di seluruh Dunia.

Seperti UEFA Champions League dan UEFA Europa League, merupakan kompetisi kasta tertinggi di Eropa yang memperebutkan piala supremasi utama, bagi setiap klub ternama di Eropa.

Uniknya adalah, Kompetisi UEFA Champions League dan UEFA Europa League selalu dipertandingkan dari Selasa - Kamis malam, untuk bersaing menjadi yang terbaik dalam setiap pertandingan.

Baca Juga: Dinobatkan Sebagai BUMN Terbaik, BRI Boyong 3 Penghargaan TOP BUMN Award

Dalam 2 tahun terakhir, UEFA kembali mengadakan kompetisi kasta ketiga, untuk menciptakan daya saing terhadap klub Eropa yang sulit bersaing di kasta tertinggi Eropa.

Kompetisi tersebut bernama UEFA Conference League, yang merupakan kompetisi klub sepak bola tahunan yang diselenggarakan oleh UEFA, untuk klub sepak bola Eropa yang memenuhi syarat.

UEFA Conference League, yang dibentuk dan dimulai pada Musim 2021-22, saat ini menjadi kompetisi Eropa yang diminati oleh Klub-klub Eropa yang berada di papan tengah.

Baca Juga: Berpacu dengan Waktu! Sumbar Gaspol Garap Tahap 2 dan 3 Seksi Payakumbuh Pangkalan, 2024 Akhirnya Punya Tol?

Klub-klub akan lolos ke kompetisi tersebut, berdasarkan performa mereka di kompetisi liga dan piala domestik yang digelar setiap tahun di semua liga-liga di Eropa.

Tujuan membentuk UECL, adalah untuk mengakomodasi klub-klub dari negara anggota UEFA yang memiliki koefisien rendah, terutama yang finish di peringkat 7 - 8 di liga ternama di Eropa.

Meski begitu, klub-klub dari negara dengan koefisien tinggi semisal Inggris dan Italia yang tidak lolos ke Liga Champions atau Liga Europa, juga bakal berpartisipasi di UEFA Conference League.

Baca Juga: Sejumlah Perusahaan SPBU Menurunkan Harga BBM Per Desember 2023, Berikut Perbandingan Harga Shell, BP, dan Vivo

UEFA Conference League, bakal diikuti oleh 184 tim dari babak kualifikasi, dan Tim-tim yang mengikuti kualifikasi UECL diambil dari klasemen akhir liga dan juga pemenang piala domestik.

UEFA telah membagi jatah peserta UECL berdasarkan peringkat koefisien suatu negara, hingga kualifikasi tersebut bakal menyaring 22 tim, lalu digabungkan dengan 10 tim yang gugur pada babak play-off Liga Europa.

Hasilnya, fase grup UECL bakal diikuti oleh 32 tim, sehingga dalam Grup A - H terdiri dari 4 klub yang bersaing memperebutkan 2 tim terbaik untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga: Seronok dan Seru Abis! Deretan Taman Hiburan Paling Mengasyikan di Sumatera Barat, Dufannya Minangkabau

Untuk alur sistem Kompetisi UECL adalah babak penyisihan grup, dilanjutkan dengan play-off fase gugur dan babak 16 besar, perempat final, semifinal, dan hingga final.

Sementara itu, runner-up grup A - H, akan menghadapi tim peringkat ketiga fase grup Liga Europa untuk memperebutkan tiket untuk bisa lolos ke babak 16 besar UECL.

Sama seperti Liga Champions dan Liga Europa, pada babak penyisihan grup UECL setiap tim akan memainkan pertandingan kandang-tandang, dan kemudian, untuk fase gugur digelar dua leg dan final satu pertandingan.

Hari pertandingan UEFA Conference League, bakal dimainkan pada hari Kamis malam, dan berbarengan dengan kompetisi pertandingan UEFA Europa League.

Baca Juga: Berpacu dengan Waktu! Sumbar Gaspol Garap Tahap 2 dan 3 Seksi Payakumbuh Pangkalan, 2024 Akhirnya Punya Tol?

Adapun, pertandingan final UEFA Europa Conference League, bakal dilangsungkan satu minggu setelah Pertandingan Final Liga Europa yang diadakan pada bulan Mei atau Juni.

Sebagai kompetisi ketiga Eropa, tim pemenang UECL yang akan tampil di Liga Europa musim berikutnya, dengan catatan tidak lolos ke Liga Champions lewat jalur liga domestik.

Jadi, buat penggemar klub sepakbola ternama di Eropa, mungkin tidak akan bosan hanya menonton pertandingan Liga-liga terbaik di Eropa tanpa merasakan kompetisi level Eropa.

Baca Juga: Seronok dan Seru Abis! Deretan Taman Hiburan Paling Mengasyikan di Sumatera Barat, Dufannya Minangkabau

Tentu saja, UEFA Conference League diharapkan memiliki atmosfer dan level suasana yang lebih seru dan setara dengan UEFA Champions League dan UEFA Europa League.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat