bdadinfo.com

Jadi Debutan di Liga Champions Musim Depan, Ini Alasan Stade Brestois 29 Tak Bisa Pakai Stadionnya yang Sudah Tua, Berikut Penggantinya - News

Skuad Stade Brestois 29 2023-24

- Klub Ligue 1 Perancis, Stade Brestois 29 melakoni debutnya di Liga Champions UEFA untuk musim 2024-25 setelah musim lalu mereka finis ketiga di klasemen akhir.

Dengan finis ketiga maka mereka berhak mendapatkan tiket otomatis ke Liga Champions fase liga setelah PSG dan AS Monaco.

Sementara itu, Brest juga menghindari kualifikasi playoff yang akan digelar Agustus mendatang. Peringkat ke 4 di Ligue 1 dihuni oleh Lille yang wajib menjalani fase tersebut.

Baca Juga: Simak! Berikut Jawaban Dinsos Terkait Pencairan Kartu Lansia Jakarta Tahap 2

Namun, Liga Champions musim depan dipastikan bakal berbeda dari musim-musim sebelumnya yakni tidak ada lagi babak grup, jumlah peserta yang meningkat jadi 36 dan fase liga baru yang melibatkan 9 tim dari setiap potnya.

Klub berjuluk Les Pirates itu bermain di stadion Stade Francis-Le Ble yang berkapasitas 15.931 penonton. Didirikan pada 1922, stadion tersebut kini berusia 102 tahun atau lebih dari 1 abad.

Tetapi, stadion tersebut tidak memenuhi syarat untuk menjadi kandang Brest ketika berlaga di Liga Champions. Kok bisa?

Baca Juga: Kisah Perjalanan Geby: AO Tangguh PNM Medan, Si Anak Tunggal nan Bersuara Indah

Dilansir dari AP News, stadion kandang Stade Brestois 29 belum cukup modern untuk pertandingan Liga Champions dikarenakan kapasitasnya kurang dari 5000 tempat duduk lagi agar dapat memenuhi standar UEFA.

Rabu ini, UEFA mengatakan bahwa permintaan dari Brest adalah untuk menggunakan stadion tetangga dekatnya di Brittany, Guingamp untuk empat pertandingan kandang kompetisi Eropa mendatang.

Federasi sepak bola Eropa itu juga sedang dalam proses untuk menyetujui stadion Roudourou yang merupakan kandang klub Ligue 2, EA Guingamp yang berjarak 110 km dari timur kota pelabuhan Brest.

Baca Juga: Kronologi Kasus Dugaan Penggelapan oleh Suami BCL, Tiko Aryawardhana

Masuk fase liga dalam format baru Liga Champions tersebut membuat Brest akan mendapatkan setidaknya 30 juta euro (Rp 531,8 miliar) sebagai hadiah uang dari UEFA meski jika kalah dalam semua 8 pertandingan.

Dalam undian yang akan diselenggarakan pada akhir Agustus nanti di Monaco, Brest akan berada di pot ke 4 yang berisikan tim-tim dari ranking terendah dan saat ini mereka berada bersama tim juara Bundesliga Austria, SK Sturm Graz.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat