bdadinfo.com

Asal Usul Sepakbola Tarkam yang Menjadi Tugas Khusus dari Jokowi untuk Menpora Dito - News

lustrasi Sepak Bola. Gambar oleh Sasin Tipchai dari Pixabay

 

- Pelantikan Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau akrab disapa Dito, langsung mendapat tugas khusus dari Presiden Jokowi.

Sebagai menteri yang mengurusi berbagai macam olahraga dan pengembangan potensinya di masyarakat. Salah satu tugas yang diberikan Jokowi kepada Dito yakni menghidupkan kembali Tarkam.

Mendengar kata Tarkam tentu sangat diketahui banyak orang, meski sesorang tersebut tidak hobi dengan sepakbola tentu pernah mendengar kata Tarkam dalam pertandingan sepakbola di Indonesia.

Baca Juga: Lantik Dito Ariotedjo Jadi Menpora Termuda, Jokowi Minta Galakkan Sepak Bola Tarkam

Lantas dari mana asal usul Tarkam di pertandingan sepakbola yang ada di Indonesia, dan seperti apa sejarahnya hingga kata ini sangat terkenal.

Sebutan tarkam merupakan istilah yang merujuk pada sebuah kegiatan kompetisi olah raga yang biasa diselenggarakan dalam lingkup daerah tingkat Kecamatan hingga tingkat RT.

Pertandingan tarkam menjadi sangat populer di masyarakat Indonesia karena sering diselenggarakan saat perayaan hari raya besar seperti peringatan hari kemerdekaan Indonesia, hingga kegiatan khusus besar lainnya.

Dalam penyelenggaraannya, kompetisi sepakbola ini diikuti oleh beberapa klub sepakbola antar kampung yang berada di wilayah sekitar. Dukungan dari setiap masyarakat untuk membela klub bola kampungnya tersebut yang menjadikan pertandingan ramai dan kata Tarkam banyak digunakan.

Baca Juga: Mencekam, Aksi Tawuran Antar Kampung Terjadi di Sijunjung

Tarkam sebagai kompetisi sepak bola tahunan menjadi ‘pesta’ olahraga yang selalu dinanti. Maklum saja ditengah keras nya kehidupan dan keterbatasan warga di pelosok negeri untuk mengakses tempat dan atau acara hiburan, maka tarkam menjelma menjadi wahana rekreasi dan hiburan keluarga ‘wong cilik’.

Para peserta turnamen sepak bola antar kampung biasanya terdiri dari perwakilan tiap-tiap daerah yang berada dalam satu teritori dimana tarkam diselenggarakan. Karena penyelenggaraannya yang bersifat tahunan, pasti tidak ada daerah yang tidak ikut berpartisipasi. Setiap daerah, entah itu dalam lingkup RT, RW, atau desa sebisa mungkin mengirimkan perwakilan buat mengikuti kegiatan kompetitif ini.

Selain sebagai ajang merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia, pelaksanaan tarkam bergeser menjadi ajang unjuk kebolehan antarandaerah yang satu dengan daerah lainnya. Dimana para penggiat sepak bola tingkat kampung tersebut saling bertanding dan saling mengalahkan tim/klub dari daerah lain agar mampu menjadi yang terbaik di suatu kawasan.

Baca Juga: Jalankan Tugas Ketum PSSI, Ini Cara Erick Thohir Berantas Mafia Sepakbola dan Masalah Izin Pertandingan

Sebagai perhelatan yang cukup populer, penyelenggaraan tarkam sendiri tidak hanya menjadi ciri khas daerah tertentu, melainkan hampir disetiap daerah di Indonesia pasti kerap menyelenggarakan acara tarkam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat