bdadinfo.com

Tutup Kompetisi Liga 1, Menpora Dito Ariotedjo Harap Tragedi Kanjuruhan Jadi Pelajaran Bersama - News

Menpora Dito Ariotedjo Tutup Kompetisi Liga 1

- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo dalam penutupan kompetisi Liga 1 menyampaikan harapannya, agar tragedi Kanjuruhan dapat menjadi pembelajaran bersama.

Menpora Dito mengatakan suksesnya penyelenggaraan Liga 1 Musim 2022/2023 juga menjadi salah satu komitmen pemerintah untuk terus mengawal industrialisasi olahraga termasuk sepak bola. Namun, tragedi Kanjuruhan juga harus menjadi bahan evaluasi kedepannya.

Menpora Dito berpendapat, kompetisi Liga 1 pada tahun ini dapat terlaksana hingga akhir dengan sukses.

Baca Juga: Intip Prakiraan Cuaca Sumatera Barat Selasa, 18 April 2023, Sedia Payung Sebelum Hujan!

Pasalnya, laga Liga 1 dapat dihadiri kembali oleh penonton usai kejadian memilukan di Kanjuruhan.

Meski demikian, Dito menegaskan, bahwa masih banyak catatan-catatan yang perlu diperhatikan untuk dapat diperbaiki dalam penyelenggaraan kompetisi kedepannya.

"Kejadian Tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan adanya korban jiwa harus menjadi pelajaran bagi kita semua agar jangan sampai ada lagi tragedi dalam pertandingan olahraga apapun, apalagi sampai mengakibatkan adanya korban," tegas Dito Ariotedjo, keterangan tertulis dikutip Senin, 17 April 2023.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Salah Kembali Nyekor, Liverpool Hukum Leeds United Setengah Lusin Gol

Menpora menambahkan, olahraga utamanya cabang olahraga sepak bola harus menjadi hiburan masyarakat dan tempat yang nyaman bagi para keluarga, hal tersebut merupakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai keolahragaan tanah air.

"Seperti arahan Bapak Presiden, sepak bola harus menjadi sarana hiburan bagi masyarakat. Kedepan, kita mempunyai komitmen bersama agar stadion maupun gelanggang olahraga dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat, baik itu pria wanita orang tua sampai anak-anak," tambahnya.

Dito Ariotedjo menyampaikan, keberhasilan penyelenggaraan kompetisi Liga satu musim 2022/2023 juga sejalan dengan cita-cita Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam mengawal industrialisasi olahraga yang dapat meningkatkan kualitas serta peningkatan tata kelola yang menyeluruh.

Baca Juga: Trisula Kedzaliman Firli Bahuri Hingga Disebut Cacat Moral

"Suksesnya Liga 1 tahun ini sejalan dengan komitmen kami di Kemenpora untuk selalu mengawal industrialisasi olahraga termasuk sepak bola yang dapat membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat luas," jelasnya.

"Untuk itu pemerintah juga terus mendukung lahirnya sebuah kompetisi berjenjang, sehat dan sportif. Terutama bergulirnya kembali Liga 2 dan 3 sehingga mampu memberikan dampak ekonomi luas dan merata diseluruh Indonesia," pungkas Menpora.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat