bdadinfo.com

Proyek Investasi dan Privatisasi Klub Olahraga Diluncurkan oleh Pangeran Mahkota Saudi - News

Pangeran Arab

- Pada hari Senin, 5 Juni 2023, Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman meluncurkan proyek investasi dan privatisasi klub olahraga di Arab Saudi, yang diumumkan oleh Badan Berita Saudi Press Agency.

Proyek ini merupakan bagian dari Visi 2030 dan bertujuan untuk mendorong investasi swasta di sektor olahraga guna mengembangkan tim nasional, klub olahraga regional, dan para praktisi di semua tingkatan.

Fase saat ini dari proyek ini melibatkan pemberian persetujuan untuk rencana dan transfer kepemilikan klub, serta privatisasi beberapa klub olahraga.

Baca Juga: Ditemui Menhan Boris Pistorius di Jakarta, Prabowo: Saya Berjanji akan....

Program ini dirancang untuk menciptakan peluang dan lingkungan yang kondusif bagi investasi di sektor olahraga, meningkatkan tingkat profesionalisme, tata kelola administrasi dan keuangan di klub-klub olahraga, sekaligus mengembangkan infrastruktur mereka untuk memberikan layanan terbaik kepada para penggemar olahraga dan meningkatkan pengalaman penonton.

Transfer dan privatisasi klub, pada umumnya, bertujuan untuk mencapai kemajuan signifikan di berbagai cabang olahraga di Arab Saudi pada tahun 2030, dengan membentuk generasi atlet terbaik di tingkat regional dan global.

Terdapat fokus khusus pada sepak bola dengan rencana untuk menempatkan Liga Pro Saudi di antara sepuluh besar liga sepak bola terbaik di dunia. 

Baca Juga: Game Gratis PlayStation Plus untuk Tahun 2023 Akan Membawa Perubahan pada Tradisi Musim Panas

Tujuan lainnya meliputi peningkatan pendapatan liga dari SR 450 juta ($ 120 juta) menjadi lebih dari SR 1,8 miliar per tahun, serta meningkatkan nilai pasar liga dari SR 3 miliar menjadi setidaknya SR 8 miliar.

Pada konferensi pers, Menteri Olahraga Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal, mengumumkan bahwa empat klub akan diubah menjadi perusahaan dengan kepemilikan yang dialihkan kepada lembaga pengembangan.

Ia menyebut bahwa Klub Al-Qadisiyah akan dialihkan ke Saudi Aramco, Klub Diraiyah kepada Otoritas Pengembangan Diriyah Gate, Klub AlUla kepada Komisi Kerajaan untuk AlUla, dan Klub Suqoor kepada NEOM.

Baca Juga: Harga Gambir di Pesisir Selatan Merangkak Naik, Kini Menjadi Rp42 Ribu Perkilogram

Pangeran juga mengungkapkan bahwa Dana Investasi Publik Saudi akan berinvestasi di Al-Hilal, Al-Nassr, Al-Ittihad, dan Al-Ahli. 

Klub-klub ini akan diubah menjadi perusahaan yang dimiliki oleh dana investasi tersebut, dan masing-masing klub akan memiliki lembaga nirlaba.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat