bdadinfo.com

Kenalan dengan Truk Listrik Volvo FH Electric 6X4, Daya Angkutnya 74 Ton dan Baterai Tahan 12 Jam Non-Stop - News

Volvo FH Electric 6X4. (Volvo Truck)

- Tren kendaraan listrik tak hanya menjamah kendaraan niaga. Segmen mobil truk juga disentuh oleh teknologi baterai sebagai sumber tenaganya.

Salah satu produsen mobil asal swedia Volvo menghadirkan truk besar yang diperuntukkan mengangkut kontainer dengan beban bisa mencapai 74 ton.

Mobil truk listrik tersebut adalah Volvo FH Electric 6X4 dan telah dilakukan uji jalan pada beberapa minggu lalu dengan kondisi sebenarnya.

Pantas saja Volvo FH Electric 6X4 dijuluki "monster" di kelas truk listrik karena selain mampu membawa beban 74 ton, juga memiliki panjang 32 meter.

Baca Juga: Bupati Eka Putra Lepas Atlet BKI Ikuti FORMAS, Didukung Pemda dan Perantau

"Kami ingin memperlihatkan bahwa teknologi listrik pada kendaraan juga bisa diaplikasikan untuk mengangkut beban yang sangat berat," kata Product Manajer HCT Projects Volvo, Lena Larson sebagaimana dikutip dari electrek.co pada Kamis, 29 Juni 2023.

Dia menjelaskan, truk listrik dapat dioptimalkan penggunaannya, termasuk dalam hal pengisian daya yang efisien.

Dalam proses uji coba, pengisian daya baterai truk listrik Volvo FH Electric 6X4 menggunakan teknologi hijau berdaya 180 kW di Arendal, Swedia.

Kemudian, truk listrik tersebut melaju melalui kota Gothenburg ke Borås sejauh 43 mil atau setara 70 km.

Truk listrik bisa menjadi alternatif untuk mengurangi biaya pengeluaran dan sekaligus berdampak baik terhadap lingkungan.

Baca Juga: Gibran Rakabuming dan Jan Ethes Srinarendra Hibahkan Kura-kura Peliharannya, Total Ada 27 Ekor!

Salah satu pembeli truk listrik Volvo FH Electric 6X4, Jan-Olof Mattsson yang merupakan CEO sebuah perusahaan di Swedia Mattson Åkeri menyatakan kegembiraannya setelah menjajal mobil listrik tersebut.

"Mengendarai dalam jarak jauh dan membawa beban berat, truk listrik ini bekerja sangat baik dan bisa mengangkut beban yang sama besar seperti truk diesel," katanya.

Sejatinya, truk listrik keluaran Volvo telah diperkenalkan sejak tahun 2019 lalu. Sejak saat itu, Volvo telah menjual hampir 5 ribu truk listrik di 40 negara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat