bdadinfo.com

Kisah Jeni Haynes Miliki 2500 Kepribadian, Lalu Apa Penyebab DID? Simak Penjelasan - News

Kisah Jeni Haynes Miliki 2500 Kepribadian, Lalu Apa itu DID? Simak Penjelasan  (dailymail.co.uk)

- Kisah Jeni Haynes yang memiliki 2500 kepribadian ramai diperbincangkan. Lantas, apakah Anda tahu mengenai kepribadian ganda atau DID?.

Nah, coba umpamakan tubuh anda sebuah kapal, dan Anda kaptennya. 

Kapal ini sepenuhnya dibawah kendali Anda sendiri. Setiap tindakan dan keputusan diambil oleh Anda. Bagi banyak orang, beginilah rupanya sepanjang hidup mereka. 

Baca Juga: 7 Kebiasaan Kecil yang Mengungkapkan Kepribadian Sejatimu, Salah Satunya Cara Memilih Sepatu

Namun, bagaimana jika dalam satu kapal terdapat lebih dari satu kapten? Bagaimana jika ada 2, atau 5, atau 10 kapten? Masing-masing memiliki tujuannya sendiri dan masing-masing menunggu gilirannya untuk berlayar.

Tentunya hidup seperti ini terdengar kacau, namun inilah realitanya bagi para penyandang Kepribadian Ganda atau Dissociative Identity Disorder (DID). Jika dalam film fiksi, kalian pasti akan tahu dengan karakter Moon Knight.

DID merupakan gangguan kejiwaan yang banyak menuai pertanyaan. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Kecil Yang Mengungkapkan Kepribadian Sejatimu, Salah Satunya Cara Berjalan

Apa yang sebenarnya dirasakan oleh penyandang kelainan ini? Apa yang menyebabkannya? Dan adakah cara untuk menyembuhkannya?.

Dissociative Identity Disorder atau DID merupakan kondisi di mana di dalam satu individu, terdapat dua atau lebih kepribadian. 

Kepribadian berbeda tersebut dikenal juga dengan istilah “Alter-Ego” atau singkatnya “Alter”. Sementara Kepribadian yang original atau utama dikenal sebagai “Host”. 

Ciri utama dari DID adalah “Dissociation” atau rasa terlepas dari pikiran sendiri. Seorang penyandang DID akan mengalami ini ketika dirinya diambil alih oleh Alternya. Fenomena ini dikenal dengan istilah “switch”. 

Ketika berada di bawah kendali salah satu dari Alternya, seorang penyandang DID biasanya tidak sadar, sehingga ketika dia bangun kembali, dirinya tidak akan ingat apapun yang terjadi saat di bawah kendali si Alter.

Meskipun demikian, terkadang ada situasi di mana penyandang DID dapat melihat apa yang terjadi saat tubuhnya diambil alih. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat