bdadinfo.com

Warganet Sebut Rafael Alun Termasuk Strawberry Parents, Apa Artinya? - News

Istilah strawberry parents terinspirasi oleh buah stroberi yang indah tapi juga rapuh

- Mantan pejabat pajak negara, Rafael Alun Trisambodo masih terus menjadi bahan cibiran dari warganet. Mereka menguliti berbagai macam hal yang berhubungan dengan Rafael mulai dari pekerjaan, kekayaan, hingga keluarganya.

Terkait keluarga dan pola asuh, banyak yang berujar jika Rafael termasuk jenis strawberry parents yang menyebabkan putranya, Mario Dandy, menjadi seorang anak strawberry generations.

Rafael dinilai terlalu memanjakan anaknya dengan memberikan berbagai macam barang mewah yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan oleh Mario. Kasih sayang serta cara berperilaku yang baik yang harusnya didapat Mario justru tidak diberikan oleh sang ayah.

Baca Juga: 5 Kriteria Asian Parents Menurut Media Barat, Valid Tidak?

Semenjak berkembangnya dunia media sosial. Semua orang kini dengan mudah bisa mengenal berbagai macam jenis parenting, tak terkecuali strawberry parents. Lantas apa yang dimaksud dengan jenis parenting yang menggunakan nama buah ini?

Strawberry parents adalah jenis orang tua yang berhasil mendidik anak-anak mereka menjadi pribadi yang penuh dengan gagasan kreatif, namun di sisi lain juga mudah menyerah dan tersinggung atau bisa dikenal sebagai strawberry generations.

Istilah ini pertama kali muncul di negara Taiwan dimana anak-anak yang memiliki tipe orang tua seperti ini cenderung berprestasi atau multitalenta tapi juga mudah merasa terpuruk atau emosional saat dihadapkan dengan masalah.

Baca Juga: Catat! 3 Gangguan Psikologis yang Sering Kamu Temui tapi tidak Disadari

Penggunaan kata strawberry pada istilah ini terinspirasi dari buah stroberi yang digambarkan sebagai buah yang indah dan juga menggugah selera, tapi akan mudah rusak apabila dibenturkan ke suatu benda.

Orang tua dengan pola parenting ini akan memberikan berbagai macam fasilitas untuk anaknya terlepas apakah sang anak membutuhkannya atau tidak. Fasilitas tersebut bisa berupa barang, penjagaan ketat, hingga privilage yang tidak pada tempatnya. 

Selain itu, orang tua juga sering menghujani anaknya dengan berbagai mcama pujian yang tidak semestinya. Pujian akan menjadi racun bagi anak apabila diberikan secara berlebihan atau justru jadi membenarkan kesalahan sang anak.

Baca Juga: Ini Inspirasi Hadiah Untuk Anak Penderita Autisme

Meskipun terkesan memberikan segalanya untuk sang buah hati, strawberry parents tetap memiki sesuatu yang tidak ia berikan, yaitu komunikasi yang jelas, hukuman atas suatu kesalahan, serta menanamkan tanggung jawab.

Komunikasi yang jelas ini berarti tidak adanya keterbukaan dan kejelasan obrolan antara orang tua dengan anak. Obrolan tersebut bisa tentang perasaan satu sama lain, pengalaman, nilai-nilai, dan sebagainya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat