bdadinfo.com

Bubur Kampiun, Hidangan Buka Puasa Ramadhan Khas Sumbar yang Penuh dengan Cerita - News

Bubur kampiun, hidangan buka puasa asal Sumbar

– Bulan Suci Ramadhan sebentar lagi akan datang. Umat Muslim di seluruh dunia siap untuk menyambut datangnya bulan puasa dengan suka cita.

Salah satu hal yang ditunggu di bulan puasa adalah sajian buka puasa.

Di Indonesia banyak sekali makanan khas yang selalu disajikan untuk buka puasa, salah satunya adalah Bubur Kampiun dari Sumatera Barat (Sumbar).

Baca Juga: Paket Haji Plus di Travel Haji Terbaik, Waktu Tunggu Jadi Lebih Cepat!

Bubur Kampiun adalah bubur yang khas dari Sumbar, tepatnya di Bukittinggi, yang memiliki bentuk, rasa, dan nama yang unik.

Bubur Kampiun ini terdiri dari campuran antara bubur putih atau bubur sumsum yang dicampur oleh ketan putih yang dikukus, ketan hitam, kolak pisang atau ubi, kacang hijau, dan candil.

Berdasarkan dari isinya, Bubur Kampiun ini memiliki cita rasa yang cenderung manis dan tekstur yang lembut, cocok untuk buka puasa.

Baca Juga: Royal Beri Uang ke Pedagang, Jokowi dan Prabowo Kompak Shopping Baju Koko dan Peci di Pasar Petanahan Kebumen

Di daerah selain Bukittinggi, terdapat beberapa variasi dari Bubur Kampiun , seperti Bubur Kampiun yang pakai lupis ketan putih dan bubur yang menggunakan bubur delima.

Selaim bentuk dan rasa, Bubur Kampiun memiliki suatu hal yang unik dan menarik untuk diulik, yaitu asal nama dari Bubur Kampiun.

Asal-usul nama dari Bubur Kampiun ini bisa ditelusuri di tahun 1960-an.

Baca Juga: Umbar Kerja Kerasnya, Sri Mulyani Klaim Kemenkeu Dulu Lebih Jahiliyah Dibanding Sekarang

Pada saat itu tokoh adat dan masyarakat Desa Jambuair-Bunuhampu, Bukittinggi, Sumbar, mengadakan berbagai lomba untuk menghilangkan trauma pasca peperangan Indonesia dengan pemberontak PRRI.

Salah satu lomba yang diadakan di desa tersebut adalah lomba kreasi bubur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat