bdadinfo.com

3 Amalan Nabi Muhammad SAW di Bulan Ramadhan, Jangan Disia-siakan! - News

3 Amalan Nabi Muhammad SAW di Bulan Ramadhan, Jangan Disia-siakan! (pinterest.com)

Bulan suci Ramadhan telah tiba. Bulan yang mulia dimana nafas dan tidur kita pun diganjar pahala.

Di dalam bulan Ramadhan tentu kita harus memperbanyak amalan baik dan berusaha untuk tidak melakukan dan menghindar dari kebiasaan /amalan buruk.

Dilansir dari video YouTube FANS USTADZ yang tayang pada 9 April 2021, Ustadz Adi Hidayat, Lc., M.A. memberikan penjelasan seputar 3 amalan yang Nabi Muhammad SAW lakukan ketika Ramadhan tiba.

Baca Juga: Inilah Amalan-amalan yang Dianjurkan untuk Dilakukan ketika Puasa Ramadhan, Dijamin Makin Berkah!

1. Memperbanyak interaksi dengan Al-Qur'an

Ustadz Adi menjelaskan bahwa interaksi dengan Al-Qur'an dibagi menjadi 3 dan harus disiapkan, diantaranya memperbanyak bacaan ayat Al-Qur'an, memahami makna ayat Al-Qur'an, dan menghafal Al-Qur'an.

"Saya mohon jadikan bagian yang terakhir sebagai prioritas di bulan Ramadhan yaitu menghafal Al-Qur'an. Khusus bulan Ramadhan utamanya 10 hari terakhir dari siang hingga malam, akan ada kemudahan untuk menghafal Al-Qur'an. Nabi SAW mengatakan dalam banyak haditsnya bahwa di hari kiamat, Al-Qur'an akan memberi syafa'at kepada sahabatnya yang sering dekat dengannya, dan tidak ada yang paling dekat kecuali penghafal Al-Qur'an," tegas Ustadz Adi Hidayat.

2. Memperbanyak shalat sunnah

Ustadz Adi menjelaskan bahwa shalat sunnah ada banyak sekali diantaranya shalat sunnah rawatib (sebelum dan sesudah shalat fardhu), shalat tahajudnya, shalat tarawih paling minimal 11 rakaat, shalat dhuha, dan sebagainya.

Baca Juga: 8 Amalan 10 hari Pertama Puasa Ramadhan, Bisa jadi Referensi Kegiatan Bermanfaat

Ustadz Adi juga mengingatkan bahwa Allah SWT akan mengampuni dan menerima taubat manusia khususnya kepada mereka yang memaksimalkan shalat di malam-malam Ramadhan.

"Ramadhan usahakan maksimal, jangan ketinggalan. Bangun, sesuaikan, kejar, dan biasakan karena orang yang membiasakan itu berpeluang akan mendapat pengampunan dosa, seketika diampuni dosanya, khususnya malam-malam Ramadhan," terang Ustadz Adi Hidayat.

3. Memperbanyak sedekah

Ustadz Adi mengingatkan bahwa Nabi SAW adalah sosok yang paling baik, paling lembut, dan rajin memberi lebih-lebih di bulan Ramadhan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat