bdadinfo.com

Menikmati Lamang Tapai Khas Sumbar saat Berbuka Puasa - News

Menikmati Lamang Tapai Khas Sumbar saat Berbuka Puasa (asianparent)

 - Selain terkenal dengan rendangnya, Kota Padang, Provinsi Sumbar juga memiliki beragam menu berbuka puasa yang tak kalah nikmatnya. Salah satunya adalah Lamang Tapai.

Makanan tradisional yang terbuat dari ketan yang diberi kuah tapai ketan hitam atau Lamang Tapai, masih diminati warga kota Padang di tengah semaraknya makanan cepat saji.

Menu makanan yang identik pada bulan ramadan ini memang sering kali Menjadi pilihan menu primadona disaat berbuka puasa.

Baca Juga: Selain Sala Lauak, Lamang Tapai Ini Wajib Dicicipi saat ke Sumbar

Makanan ini terbuat dari ketan putih yang dibakar dan disajikan lengkap dengan tapai yang terbuat dari ketan hitam.

Teksturnya yang sedikit kenyal berbentuk bulat mempunyai rasa yang gurih dan aroma khas dapat menggugah nafsu makan saat berbuka puasa.

Sebenarnya jajanan pasar ini tidak hanya terdapat di Sumbar, tapi ada juga di Indonesia bagian timur lamang dikenal dengan nama nasi ketan bambu.

Baca Juga: Sambut 1 Muharram 1444H, Warga Siteba di Kota Padang Gelar Lomba Masuak Lamang dan Rendang

Bedanya, bagi masyarakat Minang, lamang disantap dengan tapai ketan hitam, sedangkan di daerah lain memiliki campuran tersendiri. 

Lamang tapai banyak disajikan di rumah-rumah masyarakat minangkabau sebagai salah satu menu berbuka puasa.

Selain banyak dijumpai di bulan puasa, lamang tapai juga sering ditemukan saat hari-hari besar agama, dan perayaan adat masyarakat setempat.

Makanan ini sering dijumpai pada beberapa pasar tradisional Sumbar. Seperti di Kabupaten Batusangkar, Payakumbuh, Bukittinggi, dan Kota Padang. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat