bdadinfo.com

Objek Wisata Ini Diprediksi Jadi Destinasi Favorit pada Libur Lebaran 2023, Samakah dengan Pilihanmu? - News

Ilustrasi liburan

- Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengungkapkan bahwa pantaijadi destinasi wisata favorit pada libur lebaran 2023.

Berdasarkan survei preferensi aktivitas wisatawan Nusantara (Wisnus) Indonesia, 64,5 persen responden memilih pantai untuk mengisi waktu libur lebaran.

Menurut Sandiaga, survei telah dilakukan terhadap 832 responden pada 31 Maret hingga 14 April lalu menemukan potensi pergerakan saat libur lebaran 2023 diprediksi akan ada 123,8 juta orang.

Baca Juga: Hari ini 24 April Hari Angkutan Nasional, Berikut Sejarah dan Alasan Memperingatinya

Lebih lanjut hasil survei menyatakan 77,6 persen responden menyatakan akan mudik selama libur lebaran, sementara responden yang akan berwisata sebanyak 92 persen.

Pantai menduduki posisi pertama sebagai destinasi yang akan banyak dituju atau destinasi favorit pada libur lebaran tahun 2023 dengan angka 64,5 persen.

Setelah pantai, posisi kedua dengan 54 persen responden memilih pusat kuliner, 51,3 persen memilih destinasi pegunungan atau agrowisata, 36,5 persen memilih taman rekreasi dan 20,6 persen memilih berlibur ke desa wisata.

"Deputi Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah melakukan pemetaan preferensi itu. Itulah aktivitas yang betul-betul masyarakat inginkan dan menjadi referensi kami untuk melakukan kebijakan pengaturan pariwisata pada libur nasional ke depan," ungkap Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno.

“Survei itu juga mencatat ada 53,8 persen responden akan mengunjungi destinasi wisata dengan durasi 2 sampai 4 hari. Sedangkan 35,3 persen menyatakan akan melakukan wisata kurang dari 1 hari. Kemudian 74,6 persen responden menggunakan transportasi kendaraan pribadi saat melakukan wisata,” lanjutnya.

Baca Juga: Viral Curhatan Jubir PSI Makan Ayam Digetok Rp150 Ribu di Rest Area Cipali, Pihak Restoran Minta Maaf

Survei juga mencatat 51,3 persen responden menyatakan telah memesan tiket melalui online travel agent (OTA), 26,8 persen sudah dipesankan keluarga, dan 58,6 persen akan melakukan wisata di dalam kota domisili atau tujuan mudik Lebaran.

“Sisanya ada 42 persen lainnya memilih di kabupaten lain, berarti itu potensi wisata Indonesia yang harus kami petakan dan bisa menjadi pedoman bersama di momentum-momentum libur berikutnya," tutur Sandiaga.

Harapan dari Menparekraf, cuti lebaran tahun 2023 yang berlangsung cukup lama sejak 19 April hingga 25 April 2023 dapat dimanfaatkan oleh wisatawan nusantara untuk menggerakkan perekonomian nasional lewas berwisata.

Pihaknya optimis momentum lebaran tahun 2023 ini dapat membangkitkan perekonomian khususnya pariwisata yang sempat terdampak pandemic Covid-19 sebelumnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat