bdadinfo.com

Ternyata Ini Perbedaan Tari Rudat di Banten dengan di Lombok yang telah Berkembang Sejak Islam masuk Indonesia - News

Ternyata Ini Perbedaan Tari Rudat di Banten dengan di Lombok yang telah Berkembang Sejak Islam masuk Indonesia/Idn Times

- Tari Rudat yang merupakan tarian tradisional dari Banten ini ternyata ditemukan juga di daerah Lombok, NTB.

Dilihat dari sisi gerakan, tari Rudat yang ada di Banten dengan tari Rudat yang ada di Lombok sekilas tidak ada perbedaan.

Tari Rudat yang pada banyak versi disebut berasal dari Turki ini sama-sama muncul ketika Islam mulai berkembang di Banten dan Lombok.

Di Banten sendiri, seperti yang Haluanbanten kutip dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, tari Rudat adalah kesenian yang telah ada sejak jaman sultan Banten pertama, Sultan Maulana Hasanudin.

Awalnya tari ini berkembang di lingkungan pesantren sebagai hiburan yang dimainkan para santri di waktu senggang. Para santri biasanya bernyanyi dengan pujian atas kebesaran Allah sambil menari dengan meniru gerakan pencak silat.

Seperti halnya kesenian yang ada di Banten yang hampir semuanya berasal dari tradisi tarekat, tari Rudat pun disebut bermula dari tarekat Sanusiah.

Selain Rudat, beberapa kesenian Banten yang dapat disebut berasal dari tradisi tarekat adalah debus dan pembacaan dalail.

Debus disebut berasal dari tarekat rifaiyah dan pembacaan dalail berasal dari tarekat sadilah. Itulah mengapa, baik rudat, debus dan pembacaan dalail tumbuh dan berkembang di lingkungan pesantren.

Tari Rudat sendiri biasanya dimainkan oleh penari pria saja, namun dalam perkembanganya, tari ini mulai banyak dimainkan oleh penari wanita.

Jumlah penari Rudat adalah 12 sampai dengan 24 orang, terdiri dari penabuh wanitra, penari dan penyanyi.

Baca Juga: Kronologi Bus Wisata Berisi Peziarah di Guci Tegal Masuk Jurang dan Jumlah Korbannya

Dalam pertunjukanya, tari Rudat banyak menampilkan keserasian antara gerakan tangan, kaki, dan kepala yang selaras dengan tabuhan terebeng.

Gerakan melangkah kedepan, belakang, dan kesamping secara bersama-sama, melambangkan kebersamaan langkah dan keserasian bentuk koreografi.

Dewasa ini, tari Rudat banyak ditampilkan pada acara selametan warga seperti khitanan dan pernikahan.

Lantas, apa yang menjadi perbedaan antara tari Rudat yang ada di Lombok dengan Rudat yang ada di Banten?

Secara pertunjukan dan gerakan hampir tidak ada perbedaan, yang membedakan adalah teknik pemukulan alat musiknya, yaitu, untuk di Rudat di Banten, teknik pemukulanya lebih keras.

Selain itu, yang membedakan Rudat yang ada di Lombok dengan Rudat yang ada di Banten adalah penamaan dari Rudat itu sendiri, di Lombok, Rudat adalah nama tarianya sedangkan di Banten, Rudat mengacu pada nama alat musiknya yaitu Rudat.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat