bdadinfo.com

3 Jenis Makanan yang Berpotensi Sebabkan Penyakit Jantung, Apa Penjelasan Ahli Gizi? - News

Kesehatan jantung cukup dipengaruhi dari makanan yang kita konsumsi (Pesels.com)

- Jantung merupakan salah satu organ vital (penting) yang salah satu fungsinya adalah mengatur aliran darah ke seluruh tubuh termasuk otak.

Penyakit pada jantung tentu saja sangat berbahaya karena selain mengganggu kerja jantung, juga tidak sedikit mereka yang mengidap sakit jantung berujung dengan kematian.

Dilansir dari video YouTube SB30Health yang tayang pada 13 Juli 2022, dr. Hans, salah seorang ahli gizi menjelaskan bahwa penyakit pada jantung banyak dipengaruhi oleh pola hidup dan jenis makanan yang kita makan.

Baca Juga: Tontonan Seru untuk Kamu! Ini 3 Drama Korea tentang Tokoh dengan Kehidupan Introvert

Pola hidup yang kurang baik seperti kebiasaan merokok, kurangnya konsumsi sayuran hijau, terbiasa mengkonsumsi 3 jenis bahan makanan ini dapat berpotensi menyebabkan penyakit pada jantung.

Berikut penjelasan ahli gizi:

1. Makanan yang diolah dengan minyak refinasi

Minyak refinasi adalah minyak yang diolah secara berlebihan seperti minyak sayur yaitu minyak jagung, minyak canola, dan minyak kedelai.

Baca Juga: Target Keji Kudeta Terbongkar, Moeldoko Ingin Demokrat Hancur Seperti Ini, SBY: Pengkhianat

Hal ini karena minyak refinasi lebih banyak mengandung omega 6 daripada omega 3 sehingga ketika konsumsinya tinggi maka dapat berpotensi menyebabkan peradangan.

2. Makanan yang mengandung trans fat

Trans fat adalah lemak yang sudah ditambahkan unsur hidrogen atau lemak buatan di dalamnya.

Contoh olahan makanan yang mengandung trans fat adalah margarin (bukan mentega), beberapa produk selai kacang yang menggunakan lemak sebagai bahan emulsi dan pengawetnya, serta beberapa jenis frozen food yang sudah mengalami proses penggorengan sebelumnya seperti sosis, smoked beef, chicken nugget, kentang goreng, dan lain-lain.

Baca Juga: Penuh Emosi! Ini 3 Drama Korea Berdasarkan Kisah Nyata, Semuanya Diperankan oleh Lee Je Hoon

3. Makanan junk food atau makanan siap saji

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat