bdadinfo.com

Waspada, Ini 5 Gejala Awal Hipertensi yang Jarang Disadari - News

Hipertensi sering disebut The Silent Killer karena sering tanpa keluhan pada penderitanya/Pixabay/McRonny

- Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis yang sering tidak menunjukkan gejala yang jelas pada tahap awalnya.

Namun, jika hipertensi tidak dikendalikan atau dibiarkan tidak terdiagnosis dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan komplikasi serius seperti penyakit jantung, stroke, atau kerusakan organ lainnya.

Meskipun gejala hipertensi tidak selalu terlihat, ada beberapa tanda dan gejala yang mungkin dapat dikenali.

Baca Juga: Lezat dan Lumer di Mulut, Ini Resep Bakso Isi Keju

Berikut adalah beberapa gejala umum yang dapat muncul pada penderita hipertensi:

  1. Sakit Kepala

    Sakit kepala merupakan salah satu gejala yang sering dikaitkan dengan hipertensi. Meskipun sakit kepala dapat disebabkan oleh banyak faktor, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat memengaruhi pembuluh darah di otak dan menyebabkan sakit kepala yang berulang atau parah.

  2. Sesak Napas

    Tekanan darah tinggi yang kronis dapat mempengaruhi keseimbangan cairan di dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru, yang mengakibatkan sesak napas atau sulit bernapas.

  3. Ketegangan atau Nyeri Dada

    Peningkatan tekanan darah jangka panjang dapat memengaruhi jantung dan pembuluh darah koroner. Ini dapat menyebabkan ketegangan atau nyeri dada, terutama selama aktivitas fisik atau stres.

  4. Gangguan Penglihatan

    Hipertensi yang tidak terkontrol dapat memengaruhi pembuluh darah di mata. Penderita hipertensi dapat mengalami gangguan penglihatan seperti penglihatan kabur, bintik-bintik hitam, atau bahkan kehilangan penglihatan pada kasus yang lebih serius.

  5. Pusing atau Pingsan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat