bdadinfo.com

Ini 5 Batas Aman Mengemudi Saat Lakukan Perjalanan Jarak Jauh, Berlaku Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain - News

Ilustrasi Mengemudi (Pexels)

Perjalanan jarak jauh sering kali dilakukan oleh banyak orang, terutama saat masa liburan. Terdapat beberapa tips yang penting diketahui sebagai batas aman mengemudi.

Batas aman mengemudi diperlukan karena manusia bukanlah robot yang tubuhnya bisa terus bekerja, meski harus melakukan perjalanan jarak jauh. Tips bisa sangat berguna bagi para pemula dalam hal ini.

Banyak pemula yang merasa tidak terlalu membutuhkan tips untuk melakukan perjalanan jarak jauh, dimana tips sebenarnya juga bisa berguna sebagai pencegahan.

Baca Juga: 3 Barang yang Harus Ada di Meja Kerja, Bikin Jadi Lebih Nyaman dan Maksimal

Meski sudah sering mengemudi, pengemudi jarak jauh juga membutuhkan persiapan mental untuk melakukannya.

Seperti yang umumnya sudah diketahui oleh para pengemudi, kejadian apa pun bisa terjadi di jalan. Maka dari itu, batas aman mengemudi lebih baik diterapkan untuk perjalanan jarak jauh.

Berikut tips yang bisa dicermati sebelum mengemudi.

1. Mengemudi maksimal 8 jam/hari

Perjalanan jarak jauh bisa memakan waktu berhari-hari. Meski begitu, manusia tidak bisa mengemudi tanpa henti hanya demi cepat sampai tujuan.

Batas waktu maksimal untuk mengemudi jarak jauh adalah 8 jam dalam sehari. Jika sudah mencapai 8 jam, sangat disarankan untuk berganti pengemudi.

2. Istirahat setelah 4 jam

Beberapa orang memilih mengemudi tanpa istirahat dalam beberapa jam pertama. Tapi, yang perlu diingat adalah batas waktu untuk mengemudi tanpa istirahat itu 4 jam.

Setelah 4 jam berlalu, pengemudi tersebut haruslah mengambil istirahat dulu jika ingin melanjutkan sisa 4 jam perjalanan dalam hari itu, menjadikan durasi maksimal mengemudi tersebut 8 jam.

3. 30 menit sebagai waktu beristirahat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat