bdadinfo.com

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Bawang - News

Manfaat mengkonsumsi bawang (Ist)

- Bawang adalah salah satu sayuran tertua yang dibudidayakan, kedua setelah tomat. Keduanya banyak digunakan untuk keperluan kuliner di seluruh dunia.

Selama bertahun-tahun, bawang telah dipelajari untuk manfaat kesehatan dan perannya dalam kesehatan pernapasan.

Ditemukan bahwa konsumsi bawang merah secara teratur dapat mengurangi risiko kanker, katarak, kerusakan DNA, serta penyakit pembuluh darah dan jantung. 

Baca Juga: 10 Manfaat Mengkomsumsi Jahe, Bisa Membantu Mengatasi Kanker, Loh!

Selanjutnya, telah dibuktikan bahwa memasak dengan bawang merah dan bawang putih dengan daging yang ditumis mengurangi pembentukan karsinogen.

Berikut adalah beberapa manfaat gizi yang paling penting dari bawang. Jika Anda mencari lebih banyak alasan untuk membeli satu atau dua bawang saat berbelanja lagi, Anda datang ke tempat yang tepat.

Bawang Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Makan bawang dapat bermanfaat bagi sistem kardiovaskular Anda. Secara khusus, penelitian telah menemukan bahwa bawang memiliki sifat yang membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar trigliserida.

Bawang yang berwarna lebih gelap, seperti bawang merah dan kuning kekuning-kuningan, memiliki tingkat quercetin tertinggi.

Menurut American Chemical Society, "bawang tanpa air mata" juga dapat membantu melindungi dari penyakit jantung. 

Bawang Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian menarik telah dilakukan tentang bagaimana bawang dapat memainkan peran penting dalam pencegahan kanker.

Sebuah studi University of Guelph menyimpulkan bahwa bawang merah, khususnya, adalah yang paling efektif dalam mengurangi sel kanker usus besar dan payudara. Ini karena tingginya tingkat quercetin dan anthocyanin (jenis antioksidan lainnya).

Studi lain yang diterbitkan dalam Cancer Prevention Research menemukan bahwa satu hingga tujuh porsi sayuran allium, seperti bawang, mengandung senyawa tinggi dengan sifat penghambat tumor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat