bdadinfo.com

Mengenal 5 Makanan khas Jambi yang tidak boleh dilewatkan oleh Wisatawan saat berkunjung - News

Mengenal 5 Makanan khas Jambi yang tidak boleh dilewatkan oleh Wisatawan saat berkunjung kesana/ Shoppe.co

- Jambi adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki ciri khas dan kebudayaan daerah yang masih dilestarikan bahkan sampai menarik para Wisatawan baik Lokal maupun Mancanegara

Makanan Tradisional di Jambi memiliki ciri khas yang berbeda dari lainnya, karena kebanyakan menggunakan berbahan dasar ikan yang didukung oleh banyaknya sungai di Provinsi Jambi.

Rempah-rempah juga pada umumnya tidak jauh berbeda dengan Masakan Sumatera Barat, Budaya Melayu, Budaya Minangkabau juga mempengaruhi racikan kuliner Provinsi ini, selain masakan berbahan ikan, ada banyak ragam makanan utama seperti makanan selingan, Kue – kue tradisional, dan minuman.

Kali ini kita akan membahas 5 Jenis Makanan khas Jambi yang sayang untuk dilewatkan tetapi juga menarik para peminat yang ingin membeli saat datang ke Jambi.

 Baca Juga: Inilah 5 Tugu Unik di Indonesia, Nomor 4 dari Sumatera Barat yang Mempunyai Makna Sangat Dalam

1. Gulai Tepek Ikan

Tepek Ikan adalah Makanan khas Jambi yang merupakan perpaduan antara Sagu Tani dan Ikan Gabus yang direbus kemudian di gulai, dinamakan tepek karena makanan tersebut dibuat dengan cara ditepuk dalam bahasa Jambi.

Bentuk ini yang dipotong – potong dalam bentuk jajaran genjang, sehingga teksturnya sangat empuk dan kenyal. Soal rasa memang tidak perlu diragukan lagi karena rasanya lezat sehingga diolah dengan berbagai macam rempah pilihan.

Makanan Gulai Tepek hanya disajikan pada acara penting seperti Pernikahan, Kenduri, Upacara Adat dan Acara Penyambutan Tamu.

2. Gandus

Makanan ini mirip dengan Mirip dengan talam ebi, Kue khas Jambi yang disajikan dengan cetakan persegi. Warna putih kue berasal dari tepung beras, tepung sagu, garam dan santan.

 Baca Juga: Inilah Nama Unik dari 3 Daerah di Sumatera Barat di Masa Penjajahan, Ternyata Padang Dulu Bernama....

Untuk memperkaya rasa makanan tersebut, adonan Kue dicampur bahan - bahan bumbu halus seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai.

Kue Gandus biasanya disajikan setelah menyiram topping khusus yang terbuat dari ebi sangrai, daun seledri, bawang goreng, irisan cabe, abon ikan, dan daging giling. Kue yang ditaburi bawang goreng pada bagian atas sehingga memiliki rasa pedas gurih.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat