bdadinfo.com

Mengenal AN Alcaff, Aktor Legendaris Indonesia yang Berasal dari Jambi - News

Jejak Karir AN Alcaff, Aktor Legendaris Indonesia yang Berasal dari Jambi

- Film merupakan sebuah sarana bagi sineas untuk memberikan juga menggambarkan cerita yang mewakili kehidupan di masyarakat.

Para sineas menggunakan beberapa aktor dan aktris dalam perannya sebagai upaya untuk membuat tokoh yang diperankan menjadi hidup dan melekat kepada penonton.

Indonesia sendiri telah menghasilkan banyak sekali aktor film yang ternama, salah satunya yang paling dikenang adalah AN Alcaff.

Baca Juga: Wow, Kadisdik Lima Puluh Kota Sumbar Asyik Bersama ASN Cantik 'Dangdutan' Pandai Memainkan Beragam Alat Musik

AN Alcaff sendiri merupakan salah satu aktor legendaris Indonesia yang sangat terkenal terutama pada tahun 1950an.

Aktor tersebut terlahir dengan nama Achmad Nungcik Alcaff di Jambi, pada tanggal 17 Agustus 1925, atau 20 tahun sebelum kemerdekaan negara Indonesia.

Dilansir dari situs Indonesianfilmcenter.com, ia menempuh pendidikan di Neutrale Schakel School pada 1931 hingga 1998 serta mengikuti beberapa kursus.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino Pertama di Jambi, Meningkatkan Konektivitas dan Perekononomian

Saat Jepang menjajah Indonesia, ia menjadi pegawai untuk perusahaan Nippon Tannin Kabushiki Kaisha pada tahun 1943.

Setelah pekerjaan tersebut, ia kemudian bergabung dengan kesatuan polisi tentara sejak 1946 hingga 1950 dengan memangku jabatan sebagai Pembantu Letnan.

AN Alcaff memulai petualangannya di bidang akting melalui dunia sandiwara, sebelum mendapat kesempatan di dunia film pada tahun 1951.

Baca Juga: Bikin Merinding, Mengulik Hantu-hantu Cerita Rakyat Terkenal yang ada di Setiap Provinsi di Sumatera

Film pertamanya adalah ''Dosa Tak Berampun'' yang digarap oleh Usmar Ismail, dan sejak itu ia sudah tampil hingga sekitar 50 film.

Penampilannya paling berkesan dan masih dikenang saat ini adalah film berjudul ''Lewat Djam Malam'' (1954) yang juga disutradarai Usmar Ismail.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat