bdadinfo.com

Cerita Rakyat Sumbar yang Mirip Malin Kundang: Legenda Si Boko Jadi Kisah Asal Muasal Terciptanya 5 Pulau - News

Cerita Rakyat Sumbar yang Mirip Malin Kundang: Legenda Si Boko Jadi Kisah Asal Muasal Terciptanya 5 Pulau (padang.go.id)

Indonesia tak hanya kaya dengan wisata alam dan kulinernya yang berciri khas masing-masing daerah. Cerita rakyat seperti legenda juga menjadi salah satu kekayaan tak benda yang dimiliki oleh Indonesia.

Dari Sabang sampai Merauke, di Indonesia terdapat banyak cerita rakyat. Cerita legendaris ini biasanya juga membawa pesan moral yang masih relevan hingga saat ini.

Di Sumatera Barat (Sumbar) ada beragam cerita rakyat loh. Tak hanya Malin Kundang, ada juga kisah legenda ‘Si Boko’ yang mirip bercerita tentang kedurhakaan seorang anak.

Nah seperti apa sih kisahnya yang konon katanya jadi kisah asal muasal terciptanya 5 pulau di Sungai Pisang, Padang?.

Baca Juga: Aduhai! Objek Wisata Populer di Indonesia Ini Lekat dengan Cerita Legenda, Ada Putri yang Dulunya Seekor Ikan

Kisah ‘Si Boko’ yang durhaka merupakan asal muasal lima pulau yang ada di Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Boko digambarkan sebagai lelaki muda tanggung yang ingin hidup berkecukupan meski dirinya berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja.

Boko memilih untuk mencoba mengadu peruntungan di negeri seberang dan berpamitan kepada ibunya.

Baca Juga: Destinasi Wisata Air Favorit di Sumatera Barat, Mulai dari Pantai hingga Air Terjun Lengkap Tersedia di Sini!

Meski berat hati, ibunya pun melepas kepergian anaknya untuk merantau ke negeri orang.

Di perantauan, Boko bekerja keras hingga akhirnya bisa menjadi orang sukses dan hidup berkecukupan.

Bersama dengan awak kapalnya, Boko pun berlayar menuju Sungai Pisang dan tak menyangka kapalnya bakal singgah di kampung halamannya.

Baca Juga: Tak Hanya Benteng Van Der Capellen, Wisatawan Juga Bisa ke 3 Destinasi ini Saat Berada di Tanah Datar Sumbar

Kabar kedatangannya pun sampai di telinga ibunya, sang ibu yang rindu anaknya pun langsung berlari ke tepi pantai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat