bdadinfo.com

Progres Jalan Tol Padang-Sicincin Jika Rampung, Masyarakat Sumbar Bakal ‘Kecipratan’ Banyak Manfaat ini Loh - News

Progres Jalan Tol Padang Sicincin Jika Rampung, Masyarakat Sumbar Bakal ‘Kecipratan’ Banyak Manfaat ini Loh (bpjt.pu.go.id)

Saat ini sedang gencar-gencarnya pemerintah dalam membangun infrastruktur, termasuk di antaranya adalah progres pembangunan jalan tol Trans Sumatera yang terus jadi sorotan.

Jalan tol ini merupakan jaringan jalan tol sepanjang 2.818 km di Indonesia yang direncanakan menghubungkan kota-kota di pulau Sumatera dari Lampung hingga ke Aceh.

Sumatera Barat (Sumbar) adalah provinsi yang belum punya jalan tol dan belum tersambung dengan Jalan Trans Sumatera. Padahal jika jalan Tol Padang-Sicincin ini segera rampung, masyarakat di Sumbar bakal ‘kecipratan’ banyak manfaat ini loh.

Baca Juga: Sisa 2 Seksi Lagi yang Belum Selesai, Pembangunan Jalan Tol Bengkulu Seksi 3 Justru Sudah Beroperasi

Harapan dari pembangunan infrastruktur ini adalah agar perekonomian di pulau Sumatera bisa menjadi lebih baik lagi sehingga tidak terlalu terlihat adanya kesenjangan ekonomi dengan pulau Jawa.

Dilansir dari kanal YouTube Creative Hamdi, lambannya progres penyelesaian jalan tol Padang-Sicincin ini adalah salah satunya karena faktor pembebasan lahan di Sumbar.

Tanah persukuan menjadi salah satu alasan sulitnya pembebasan lahan, selain itu adanya penolakan terhadap pembangunan jalan tol disebabkan masyarakat yang belum paham akan manfaat dari pembangunan jalan tol.

Baca Juga: Telan Anggaran Rp117 Miliar, Gedung Baru DPRD Padang Nyaris Rampung Dilengkapi dengan Sejumlah Fasilitas Ini

Nah lalu apa sih sebenarnya manfaat yang bisa didapatkan masyarakat sekitar jika pembangunan jalan tol Padang-Sicincin ini berhasil rampung?

Meningkatkan Perekonomian dan Perkembangan Wilayah

Terbangunnya jalan tol di Sumbar bisa meningkatkan perkembangan wilayah dan juga ekonomi.

Hal ini tidak lepas dari peran infrastruktur yang punya peran vital dalam sistem perekonomian.

Semakin baik infrastruktur pada sebuah daerah maka akan semakin baik pula pengaruhnya terhadap keadaan ekonomi masyarakat daerah tersebut.

Dengan dibangunnya jalan tol di daerah perkotaan besar, maka akan memberi pengaruh besar terhadap industri yang ada di sekitar daerah perkotaan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat