bdadinfo.com

7 Destinasi Pendakian Gunung Favorit di Sumatera Barat, Ada Gunung Berapi Tertinggi di Asia Tenggara Loh - News

7 Destinasi Pendakian Gunung Favorit di Sumatera Barat, Ada Gunung Berapi Tertinggi di Asia Tenggara Loh (Ilustrasi gunung Pixabay.com/Hans)

Hobi mendaki gunung menjadi salah satu olahraga terbaik sekaligus bisa healing dari rutinitas.

Jika sedang berkunjung ke Sumatera Barat atau punya rencana ke kota tersebut untuk mendaki gunung, karena kota ini tak hanya terkenal dengan keindahan pantainya saja.

Tetapi, Sumatera Barat juga memiliki berbagai gunung dengan tipe kesulitan dan beragam ketinggian yang disertai ragam hutan tropis alami.

Baca Juga: Kisah Marhum Pekan: Sosok Pendiri Pekanbaru yang Urung Jadi Pahlawan Nasional

Simak artikel berikut untuk mengetahui destinasi pendakian gunung favorit. Ada juga gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara Loh!

1. Gunung Marapi

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat mereaktivasi (reaktivasi) Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi dan kini memiliki jalur pendakian resminya yang diberi nama ‘Jalur Proklamator’.

Penamaan ini dipilih untuk menghormati Bung Hatta sebagai Sang Proklamator.

Baca Juga: 10 Pusat Perbelanjaan di Padang dari yang Tertua, Termewah dan Terbesar, hingga Bertaraf Internasional Ada Loh

Karena pada masa-masa genting kemerdekaan, Bung Hatta pernah mendirikan pesanggrahan yang digunakan sebagai tempat persembunyian di lereng Gunung Marapi.

Lokasinya tepatnya berada di Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam.

Bagi pecinta alam yang hobi mendaki, melakukan pendakian di jalur ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga: BPBD Pesisir Selatan Gelar Kegiatan Semiloka Dokumen Rencana Kontigensi

Pasalnya, tidak dimiliki jalur pendakian di gunung lainnya karena adanya unsur sejarah kuat yang dimiliki Jalur Proklamator ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat