bdadinfo.com

5 Desa Wisata Alam dan Budaya Sumbar, Ada Spot Olahraga Bertaraf Internasional Terbaik Nomor 2 di Dunia - News

5 desa wisata alam dan budaya Sumbar, ada spot olahraga bertaraf internasional terbaik nomor 2 di dunia. (jadesta.kemenparekraf.go.id)

– Sumatera Barat (Sumbar) punya pesona keindahan alam yang memesona. Daya tariknya terletak pada topografisnya yang punya daerah perbukitan hingga pantai tersedia lengkap di Sumbar.

Tak hanya wisata alamnya, wisata budaya dan tradisi juga tak kalah menariknya karena Sumbar mampu menjaga kebudayaannya dengan baik.

Simak artikel berikut untuk mengetahui 5 desa wisata alam dan budaya di Sumatera Barat (Sumbar). Salah satunya ada yang punya spot olahraga bertaraf internasional bahkan terbaik nomor 2 di dunia.

Baca Juga: Cuaca Panas Enaknya Minum Es Khas Sumatera Barat yang Nyegerin, Ada yang Punya Khasiat Meredakan Panas Dalam

Pesona keindahan alam dan budaya dari daerah Sumbar ini juga telah diakui oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan kerja ke Sumbar.

Dua desa wisata yang dikunjungi Sandiaga Uno di Sumatera Barat adalah desa yang termasuk ke dalam 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Desa Wisata Ngarai dan Desa Wisata Kubu.

ADWI 2023 adalah ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang memenuhi kriteria penilaian Kemenparekraf/Baparekraf.

Baca Juga: Es Durian Legendaris di Padang, Legit Menggigit Cocok untuk Melepas Dahaga Saat Berbuka Puasa

Dilansir dari laman resmi kemenparekraf.go.id berikut beberapa desa wisata di Sumbar yang sangat layak dikunjungi saat sedang berwisata ke sana:

1. Desa Wisata Nyarai

Lokasi desa wisata selanjutnya ada di Padang Pariaman, tepatnya berada di bawah kaki Bukit Barisan.

Desa Wisata Nyarai memiliki pesona alam yang menggiurkan karena memiliki  beberapa air terjun, salah satunya adalah Air Terjun Nyarai, dilengkapi dengan kolam yang secara alami terbentuk sejak jutaan tahun silam karena fenomena breksi.

Selain Air Terjun Nyarai, ada pula Air Terjun Balek. Untuk mencapai air terjun ini harus mengeluarkan effort lebih tinggi karena wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih 5,5 km.

Punya wisata alam yang jadi andalan, desa wisata ini bisa memanjakan wisatawan dengan aktivitas seru seperti arung jeram menyusuri sungai Batang Anai yang cocok untuk pecinta alam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat