bdadinfo.com

Cuaca Panas Enaknya Minum Es Khas Sumatera Barat yang Nyegerin, Ada yang Punya Khasiat Meredakan Panas Dalam - News

Cuaca panas enaknya minum es khas Sumbar, ada yang punya khasiat meredakan panas dalam loh. (id.wikipedia.org)

Cuaca panas tidak biasa yang kini sedang melanda berbagai wilayah di Indonesia tentunya mendatangkan rezeki tersendiri bagi para pedagang es dan minuman.

Cuaca yang panas dan terik membuat tenggorokan kering dan haus meronta-ronta, enaknya memang minum es yang dingin dan nyegerin.

Berikut beberapa rekomendasi minuman es khas Sumatera Barat (Sumbar) yang nyegerin, ada pula yang punya khasiat meredakan panas dalam.

Baca Juga: Es Durian Legendaris di Padang, Legit Menggigit Cocok untuk Melepas Dahaga Saat Berbuka Puasa

  1. Es Tebak

Minuman pertama adalah es tebak. Es khas Sumbar ini memang terkenal sebagai minuman yang menyegarkan dan kerap diburu wisatawan.

Es tebak terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti cincau hitam, tape hitam, kolang-kaling, dan tebak.

Tebak sendiri merupakan adonan yang terasal dari campuran tepung beras ketan dan tepung sagu yang lantas dimasak dengan air garam serta kapur sirih dan kemudian dibentuk menyerupai cendol.

Kondimen pelengkap es tebak saat dihidangkan biasanya dilengkapi dengan sirup merah, susu kental manis, dan bahkan ditambah es batu serut yang membuat minuman ini menjadi legit dan menyegarkan.

Baca Juga: Awas! Fenomena Cuaca Panas Masih Berlanjut, Simak Faktor Penyebab dan 9 Tips Agar Terhindar dari Dampaknya

  1. Es Durian

Es durian memang adalah minuman dingin yang lazim ditemukan di daerah lain.

Namun, es durian juga menjadi salah satu minuman yang kerap diincar oleh wisatawan saat berkunjung ke Sumbar karena rasanya yang enak dan sudah melegenda.

Beberapa kedai es durian yang legendaris di Sumbar ini bahkan sudah buka dari tahun 80-an dan tetap eksis hingga sekarang.

Rasa olahan durian yang mantap dilengkapi dengan berbagai macam topping sesuai selera akan menambah kenikmatan es durian ini kala disantap saat cuaca sedang terik seperti sekarang ini.

Baca Juga: Fenomena Cuaca Panas Terik, Kemenkes Anjurkan Masyarakat Lakukan Cara Ini dan Kenali Gejala yang Diakibatkan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat