bdadinfo.com

Tak Hanya Benteng Van Der Capellen, Wisatawan Juga Bisa ke 3 Destinasi ini Saat Berada di Tanah Datar Sumbar - News

Tak Hanya Benteng Van Der Capellen, Wisatawan Juga Bisa ke 3 Destinasi ini Saat Berada di Tanah Datar Sumbar (Ilustrasi foto Pixabay.com/Oliver Magritzer)

Wisatawan yang datang ke Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) bisa juga loh sekalian menyempatkan diri untuk mengunjungi 3 destinasi wisata berikut ini.

Jika kamu dan keluarga berencana berkunjung ke Benteng Van Der Capellen, di dekat situ ada juga lokasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Sempatkan datang ke beberapa objek wisata ini ya jika sedang berada di Tanah Datar dan membutuhkan referensi tempat wisata lainnya.

Baca Juga: Sedang Berada di Danau Maninjau, Sumatera Barat? Berikut Beberapa Objek Wisata yang Tersedia di Sekitarnya

  1. Istana Pagaruyung

Istano Basa Pagaruyung adalah salah satu wisata sejarah yang juga sangat ikonik di Sumbar loh.

Dulunya digunakan sebagai kediaman dari Raja Alam dan sebagai pusat pemerintahan sistem konfederasi berjuluk Rajo Tigo Selo.

Bangunan asli dari istana ini berada di Bukit Batu Patah tetapi karena terjadi kebakaran dan habis dilalap api tahun 1966 istana ini kemudian diupayakan kembali untuk direkonstruksi ulang pada tahun 1975.

Tak sampai di situ, tahun 2007 istana ini kembali terbakar karena tersambar petir dan dibangun kembali tahun 2008-2012 dengan dana fantastis Rp20 miliar.

Masih mempertahankan gaya arstiketur aslinya meski banyak peninggalan barang berharga sudah musnah dan hanya tersisa 15 persen saja.

Baca Juga: Objek Wisata Benteng Tua Peninggalan Zaman Penjajahan di Sumbar, Serunya Liburan Sambil Mengenang Sejarah

Bagi wisatawan yang tertarik ke sini bisa menempuh perjalanan dari Ibu Kota Sumbar, Padang, sejauh 110 km atau jika sudah berada di Pusat Kabupaten Batusangkar hanya berjarak 5 km.

Jika lewat Bukittinggi melalui Baso harus menempuh jarak 45 km, dari Payakumbuh sekitar 40 km, dan dari Solok bisa mencapai 55 km.

Di istana ini wisatawan bisa berfoto dengan pakaian adat, juga wisata kuliner khas Minangkabau, berkeliling Istana Basa Pagaruyung.

Fasilitas umumnya juga lengkap seperti disediakan lahan parkir luas, toko souvenir, rumah makan, penginapan, musala, toilet, dan lainnya. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat