bdadinfo.com

Waspada! Ternyata Nomor IMEI Handphone Bisa jadi Sarana Peretasan Debt Collector Pinjaman Online - News

Waspada, Ternyata Nomor IMEI Handphone Bisa jadi Sarana Peretasan Debt Collector Pinjaman Online!/ Pexels

- Semenjak pinjaman online booming, ramai orang protes karena dijadikan kontak darurat dan turut terkena teror debt collector.

Padahal, faktanya tidak selalu kontak Anda sengaja dijadikan kontak darurat, ada saja oknum DC pinjaman online yang melakukan peretasan kontak melalui IMEI handphone.

Apa itu IMEI? IMEI adalah sekumpulan angka unik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi perangkat seluler atau handphone di seluruh dunia.

Baca Juga: Kontroversi Joki Pinjaman Online, Banyak Dicari Tapi Dipenuhi Oknum yang Bikin Merugi

IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, biasanya terdiri atas 14 digit angka dengan satu tambahan di belakang sebagai verifikasi ulang, jadi total ada 15 digit angka IMEI.

Lantas, dimana hubungan IMEI dengan pinjaman online? Jadi, IMEI ini posisinya seperti kartu identitas dari setiap handphone. Melalui IMEI, dapat diketahui nomor model ponsel, asal pabrikan ponsel, sampai dengan aktivitas pemblokiran ponsel juga bisa dilakukan.

Sebenarnya tujuan IMEI ini baik, untuk menghindari penyalahgunaan data ketika handphone dicuri. Tetapi, ternyata beberapa oknum DC pinjaman online menyalahgunakannya untuk meretas informasi dari handphone nasabah.

Baca Juga: Dari Obesitas hingga Mati Muda, Ini 4 Dampak Buruk Pinjaman Online Bagi Kesehatan, Bahayanya Gak Main-main!

Jadi, ketika Anda klik Ok untuk menggunakan aplikasi pinjaman online tertentu, secara otomatis seluruh data dari handphone akan terekam oleh aplikasi pinjol tersebut.

“Ketika handphone kita meng-oke kan aplikasi pinjaman online itu, mereka (DC) bilang berdasarkan IMEI daripada handphone kita itu, ini semua handphone kita semua kontak-kontaknya itu udah diretas sama mereka”, ujar pemilik akun Tiktok @lenamccormack pada 11 Oktober 2022.

Atas aksi peretasan tersebut, oknum DC pinjaman online memiliki akses untuk melihat semua kontak yang ada di handphone nasabah.

Baca Juga: Siap Tempur, Aston Martin Berambisi Bangkit di Sisa Balapan F1 Musim 2023

Akses ilegal inilah yang mendasari teror dari DC terhadap kontak-kontak dari handphone nasabah. Jadi, aksi teror DC ini tidak selamanya disebabkan oleh nasabah yang sengaja mencantumkan kontak Anda.

Menurut akun Tiktok @lenamccormack, aksi peretasan tersebut sengaja dilakukan agar orang yang dihubungi sebagai kontak darurat membantu proses penagihan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat