bdadinfo.com

Mega Proyek Rp700 M Bendungan Sepaku Semoi IKN Sudah Diisi Air, Katanya Bisa Cegah Banjir - News

Bendungan Sepaku Semoi IKN.  (dok. Kementerian PUPR)

- Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bersama Presiden Joko Widodo telah melakukan impounding atau pengisian air awal di Bendungan Sepaku Semoi, Ibu Kota Negara (IKN) pada 22 September 2023.

Menteri Basuki menjelaskan, Bendungan Sepaku Semoi berfungsi menyediakan air baku bagi kawasan IKN dengan kapasitas 2.000 liter/detik.

Selain itu, kata Menteri Basuki lain, Bendungan Sepaku Semoi IKN juga dibangun untuk memenuhi kebutuan air baku Kota Balikpapan dengan kapasitas 500 liter/detik.

Baca Juga: Tiga Seksi Jalan Tol Rampung Pertengahan 2024, Balikpapan – IKN cuma Setengah Jam!

Menteri Basuki lantas menerangkan, dengan kesanggupan mega proyek senilai lebih dari Rp700 miliar itu, air baku IKN bisa menukupi hingga 2030 mendatang.

“Ke depan kita juga akan tambah dengan membangun Bendungan Batu Lepek dan Bendungan Selamayu," kata Menteri Basuki, dilansir dari laman resmi Kementerian PUPR, Sabtu, 23 September 2023.

Tak hanya menyuplai air baku, mega proyek IKN ini juga disebut bisa mencegah banjir, seperti kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia.

Baca Juga: Kabar Terbaru Proyek JTTS, Sumatera Barat dan Riau Bakal Terhubung Lewat Jalan Tol di Akhir 2023!

Menurutnya, Bendungan Sepaku Semoi memiliki kemampuan reduksi banjir hingga 232 m3/ detik atau sebesar 55% untuk Kawasan IKN dan Kecamatan Sepaku.

“Bukan hanya berfungsi untuk layanan air baku IKN, Bendungan Sepaku Semoi juga berfungsi untuk pengendalian banjir. Karena kadang-kadang terjadi banjir di daerah hilir,” kaa Bob.

Sebagai catatan, pemerintah menyediakan anggaran pembangunan Bendungan Sepaku Semoi IKN sebesar Rp 711,4 miliar.

Baca Juga: Peluang Lulus Besar! Ini loh 7 Instansi Paling Sepi Peminat di CPNS 2023

Anggaran pembangunan bendungan Sepaku Semoi IKN ini terdiri atas anggaran untuk pekerjaan konstruksi sebesar Rp 676,7 miliar dan pekerjaan supervisi sebesar Rp 34,7 miliar.

Hingga saat ini, progress fisik pembangunan Bendungan Sepaku Semoi sudah mencapai 97%. Dengan lingkup pekerjaan utama meliputi pembangunan main dam, kantor Unit Pengelola Bendungan (UPB), Gardu Pandang dan Gerbang Utama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat