bdadinfo.com

Pasca 23 Orang Warga Pauh Digigit Anjing Liar, Dinkes Padang Mulai Salurkan Vaksin Gratis - News

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Kota Padang, Sovia Hariani (harianhaluan.com - Jefrimon)

- Pasca terjadinya 23 orang digigit anjing mengamuk, Dinas Pertenakan Kota Padang salurkan vaksin gratis untuk hewan peliharaan di Kecamatan Pauh, Kota Padang, Rabu 27 September 2023.

Pantauan , pemberian vaksi terhadap hewan peliharan tersebut dilakukan Dinas Pertenakan diempat lokasi yang ada di Kecamatan Pauh.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Kota Padang, Sovia Hariani, mengatakan pemberian vaksi terhadap hewan ini dilakukan setelah adanya seekor anjing yang mengamuk dan mengigit 23 orang pada Selasa 26 September 2023.

Baca Juga: Obrolan Singkat Via Telepon antara Jokowi dengan Kaesang Usai Ditunjuk Jadi Ketum PSI: 'Bagus', Udah Gitu Aja

"Ada empat lokasi penyaluran vaksin gratis untuk hewan peliharaan masyarakat yang terdiri dari anjing, kucing dan kera milik masyarakat yang ada di Kecamatan Pauh," ujar Sovia Hariani kepada .

Untuk lokasinya, kata Sovia Hariani, berada di Kantor Lurah Limau Manis, dan Kantor Lurah Pisang, Kantor Lurah Kapalo Koto dan Kantor Lurah Binuang Kampung Dalam.

"Di empat lokasi itu kita sudah sediakan 400 vaksin yang akan diberikan secara gratis terhadap hewan peliharaan masyakarat," sebutnya.

Baca Juga: Dukungan atau Pembiaran Kemasan Plastik BPA Bisa Dinilai Melanggar HAM

Sovia Hariani juga mengungkap untuk mengetahui hewan peliharaan rabies atau tidak ada dua faktor yang dapat dilihat oleh masyarakat yaitu rabies silent (tenang) dan rabies ganas.

"Rabies ganas bisa dilihat dari air liur keluar berlebihan, sudah tidak patuh pada tuannya, suaranya berubah agak serak dan ekornya dilengkungkan ke bawah kedua pahanya," katanya.

"Kemudian dia akan berlari terus dan lebih agresif. Setiap benda yang ditemui akan digigit," tambahnya.

Baca Juga: Konstruksi Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Manfaatkan Teknologi Auto Level MMGPS Topcon, Apa itu?

Sementara untuk ciri-ciri anjing rabies silent (tenang) biasanya akan takut terhadap air, takut terhadap cahaya dan lebih suka bersembunyi di tempat yang gelap, malas makan, mengalami kelumpuhan, dan lama-lama akan mengalami kematian.

"Untuk yang silent ini tidak banyak menyerang manusia dan akan mati sendiri," pungkas Sovia Hariani. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat