bdadinfo.com

Menengok Ekspresi Budaya Melayu di Bangunan Rest Area Tol Pekanbaru – Bangkinang - News

Gambar Rest Area Tol Pekanbaru - Bangkinang Bernuansa Melayu. (Dok Pemprov Riau)

- Pembangunan rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang saat ini telah mencapai tahap akhir. Rest area ini diperkirakan akan segera dibuka untuk pengguna jalan dalam waktu dekat.

Pembangunan rest area yang dilaksanakan oleh PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) mencerminkan tradisi budaya Melayu Riau dalam desainnya.

Bagian atapnya mengggunakan gagasan lipatan daun pandan, sementara ornamen atapnya membentuk motif selembayung.

Baca Juga: Alhamdulillah Wa Syukurillah, Disabilitas dan Lansia di Koto Tangah Peroleh Bantuan Wako Hendri Septa

"Ini komitmen kita untuk melestarikan juga memperkenalkan budaya melayu Riau," kata Direktur Utama HKI, Aji Prasetyanti dikutip dari mediacenter.riau.go.id pada Selasa 3 Oktober 2023.

Desain budaya yang terpamer di rest area Pekanbaru - Bangkinang merupakan manifestasi dari tekad PT Hutama Karya (HK) untuk mendukung pelestarian dan penyebaran warisan budaya Riau kepada para pengguna jalan tol yang melintasi daerah ini.

Rest area yang dibangun oleh HKI di Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang terletak di STA 36+000 di kedua sisi jalan, sisi A dan sisi B.

Baca Juga: Sering Disebut untuk Donasi, Kemana Larinya Uang Kembalian Alfamart dan Indomaret yang Capai Rp6 Miliar?

Selain pembangunan rest area, pekerjaan penandaan jalan juga sedang dilakukan secara bersamaan.

Rest area di Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang direncanakan memiliki kapasitas parkir untuk sekitar 115 kendaraan, terdiri dari 77 kendaraan kecil dan 38 kendaraan besar.

Dari segi fasilitas, rest area ini termasuk dalam kategori tipe A.

Baca Juga: Fantastis! Ini Laporan Resmi Uang Kembalian yang Didonasikan di Indomaret dan Alfamart, Capai Rp5 Miliar

Rest area ini dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti toilet umum, masjid, area makan, stan UMKM, minimarket, tempat parkir kendaraan, dan juga telah disediakan lahan untuk kemungkinan pembangunan SPBU di masa depan.

Desain rest area Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang juga memperhatikan keberadaan ruang terbuka hijau dan menawarkan area khusus untuk para pengusaha kecil dan menengah (UMKM).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat