bdadinfo.com

Bangga! Sumatera Selatan Ukir Prestasi Bangun Jembatan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Sumbar Apa Kabar? - News

Ilustrasi Jembatan Musi V yanga da di Jalan Tol Kapal Betung Sumatera Selatan. Jembatan Musi V akan menjadi jembatan jalan tol terpanjang di Indonesia (Dok: Kementerian PUPR)

- Pulau Sumatera saat ini tengah disibukkan dengan keberadaan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Jalan Tol Trans Sumatera membentang dari Provinsi Lampung di selatan hingga ke Provinsi Aceh di utara dan melewati berbagai daerah dengan masing-masing kondisi alamnya.

Tak terkecuali Provinsi Sumatera Selatan yang diketahui memiliki banyak aliran sungai. Salah satu yang paling termasyhur adalah Sungai Musi.

Baca Juga: Bikin Salut! Datang Jauh-jauh Ngurus Proyek Tol, Jepang Sudi Hormati Tanah Adat Ulayat Warga Sumatera Barat

Sumatera Selatan sendiri termasuk sebagai salah satu daerah yang dilewati jalan utama atau backbone dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Sumatera Selatan juga menjadi lokasi dari persimpangan jalan top sirip yang menghubungkan Bengkulu dan Kota Palembang.

Pentingnya posisi Sumatera Selatan pada mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera ini membuat pemerintah memperhatikan betul bagaimana proses pembangunannya.

Baca Juga: 10 Proyek Pembangunan Terlama di Sumatera Barat, Ada yang Termasuk Paling Lama Se-Indonesia, Ada Apa Sumbar?

Termasuk menyikapi banyaknya aliran sungai yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Pihak pengembang mengupayakan pembangunan jembatan jalan tol untuk mengatasinya.

Salah satunya ada pada proyek Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung atau yang sering dikenal sebagai Jalan Tol Kapal Betung.

Proyek jembatan Jalan Tol Kapal Betung ke depannya akan menjadi jembatan terpanjang  yang ada di sebuah jalan tol di Indonesia.

Baca Juga: Jepang Gigit Jari! Proyek Terowongan Termegah Se-ASEAN Rp9 Triliun di Sumatera Barat Terancam Batal, Kok Bisa?

Hal tersebut terkonfirmasi melalui adanya proyek pembangunan jembatan Jalan Tol Kapal Betung yang membentang di atas Sungai Musi.

Jika pembangunan proyek jembatan Jalan Tol Kapal Betung tersebut telah usai, nantinya jembatan itu akan diberi nama Jembatan Musi V.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat