bdadinfo.com

Jepang Gigit Jari! Proyek Terowongan Termegah Se-ASEAN Rp9 Triliun di Sumatera Barat Terancam Batal, Kok Bisa? - News

Ilustrasi terowongan Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan di Sumatera Barat yang direncanakan dibangun oleh Jepang dan menjadi yang termegah di ASEAN (Dok: Traffic Technology Today)

- Provinsi Sumatera Barat menjadi menjadi salah satu daerah yang paling ditunggu pembangunan infrastrukturnya di Pulau Sumatera.

Sumatera Barat menjadi salah satu lokasi dari jalan tol sirip Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Sirip tersebut menghubungkan kota Pekanbaru dan Padang.

Jalan tol sirip itu sendiri bernama Jalan Tol Padang Pekanbaru yang direncanakan akan memiliki 3nam seksi, salah satunya adalah Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan.

Baca Juga: Padahal Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan Sudah Digenggam, Ehh Jepang Dibuat Nyerah sama Warga 5 Nagari di Sumbar

Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan berada di wilayah pembangunan Sumatera Barat dan dikabarkan akan memiliki panjang 43 km.

Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan tersebut ke depannya akan memiliki 5 (lima) buah terowongan yang digadang-gadang akan menjadi yang termegah  se-Asia Tenggara (ASEAN).

Predikat termegah di ASEAN sendiri bukan tanpa alasan. Sebab, terowongan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan akan dibangun menembus perut Bukit Barisan.

Baca Juga: 10 Proyek Pembangunan Terlama di Sumatera Barat, Ada yang Termasuk Paling Lama Se-Indonesia, Ada Apa Sumbar?

Dikabarkan, 3 (tiga) terowongan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan akan dikerjakan oleh Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA).

Lebih lanjut, terowongan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan akan menjadi yang terpanjang di Indonesia dan mengalahkan nomor satu yang saat ini dipegang oleh Jalan Tol Cisumdawu.

Direncanakan, terowongan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan memiliki panjang 8 km dan dibanggun dengan anggara Rp9 triliun.

Baca Juga: Takut Nyari Masalah Sama Warga Sumbar, Jepang Rela Proyek Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan Dialihkan!

Mesin bor canggih dan segenap teknisi yang ahli dari Jepang pun dikabarkan siap didatangkan guna mengeksekusi terowongan di bumi Sumatera Barat tersebut.

Proyek terowongan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan tersebut pun cukup menyita banyak perhatian masyarakat khususnya warga Sumatera Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat