bdadinfo.com

Inilah Alasan Utama Mengapa Saat Ini Sulit Mendapatkan Pekerjaan - News

Persaingan Berat Menjadi Alasan Utama/Civimi.com

- Meskipun seleksi CPNS untuk tahun 2023 hampir selesai, namun hal tersebut menyisakan cerita yang mungkin akan sulit dilupakan hingga beberapa tahun mendatang.

Ya, Persaingan untuk bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, memang tidak selamanya selalu berjalan sesuai harapan atau ekspektasi yang ada.

Tetapi yang patut diingat adalah, Pengangguran di Indonesia saat ini masih belum mereda semenjak Pandemi Covid-19 yang terjadi pada 2020 lalu, membuat sebagian dari generasi muda sulit mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Target Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, Tingkat Emisi Gas Rumah Kaca Sebesar -140 Juta Ton CO2e pada 2030

Hal ini memang menjadi suatu kenyataan yang sulit dimengerti hingga kini, dan mungkin tidak banyak dari mereka yang bisa bertahan ditengah krisis yang tentu saja sulit dihadapi.

Menipisnya lowongan pekerjaan dan membludaknya jumlah sumber daya manusia yang berlomba-lomba mencari pekerjaan menyebabkan persaingan yang sangat ketat dalam mencari mata pencaharian di Indonesia.

Sehingga meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia, tentu menjadi permasalahan yang sulit diantisipasi oleh Pemerintah yang mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk penyelesaiannya.

Baca Juga: Rayakan Hari Ulang Tahun ke-64, Basrizal Koto: Tetap Bertakwa Kepada Allah!

Sulitnya mendapat sebuah pekerjaan saat ini, bukan kurangnya jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia yang jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah pencari kerja yang ada saat ini.

Melainkan karena diakibatkan, adanya kesenjangan antara kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan dengan keterampilan mahasiswa dari jurusan masing-masing.

Tidak sedikit perusahaan yang kesulitan merekrut tenaga kerja yang sesuai kriteria atau kebutuhan mereka, meskipun demikian angka pengangguran di Indonesia menurun sebanyak 2,6 juta orang di tahun 2021.

Baca Juga: Wow! Prada Bakal Desain Baju Astronot NASA, Gimana Jadinya?

Namun angka tersebut masih terbilang kecil, mengingat survei dari Badan Pusat Statistik menyebut terdapat 8.75 Juta penduduk saat ini yang belum bekerja dan dari jumlah tersebut, sekitar 7 persen berasal dari lulusan perguruan tinggi.

Inilah sebab mengapa persaingan saat ini jauh lebih sulit untuk lulusan Mahasiswa yang ingin mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat