bdadinfo.com

Konstruksi Tinggal Hitungan Hari Lagi, Pembangunan Bandara VVIP Bakal Dikebut 9 Bulan, Yakin Rampung? - News

Ilustrasi bandara VVIP di IKN Nusantara. (Pexels.com/Abdulaziz)

- Kabar baik datang bagi masyarakat Kalimantan Timur, terkhusus yang berada di sekitar IKN Nusantar. Sebab, akan hadir bandara baru berstandar VVIP. 

Pembangunan Bandara VVIP di IKN Nusantara pada bulan lalu telah ditinjau oleh Menteteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, tepatnya 22 September 2023.

Menhub menjelaskan bahwa lokasi pembangunan bandara VVIP di IKN sudah ditetapkan dan memasuki finalisasi gambar.

Baca Juga: Aparatur Diskominfo Pessel Ikuti Pelatihan Infografis di LKBN Antara Sumbar

Menurut Menhub, bandara VVIP di IKN Nusantara secepatnya akan dimulai proses tender. Pembangunan ini akan menelan biaya investasi senilai Rp4,2 triliun.

"Kita rencanakan 1 November 2023 sudah mulai konstruksi dan diharapkan selesai pertengahan Juli 2024," ujar Menhub, dikutip lagi Minggu 29 Oktober 2023.

Menhub menerangkan apabila Bandara VVIP IKN akan memiliki runway dengan total luas 3000 x 45 meter.

Baca Juga: Pantas Berebut Jadi Bos BUMN, Ternyata Segini Gaji Fantastis yang Akan Didapat

Hal yang bikinn bangga lagi, runway ini dapat didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

Kapasitas apron dapat menampung 3 pesawat berbadan besar atau Wide Body ditambah 1 pesawat berbadan kecil (Narrow Body) atau 7 pesawat berbadan kecil atau Narrow Body dan berkapasitas helipad yang mampu menampung 3 helikopter.

“Beberapa hal yang menjadi catatan dari Bapak Presiden Jokowi terkait Bandara VVIP ini yaitu memadukan unsur kearifan lokal dan modern, serta harus ramah lingkungan. Dalam membangun bandara, kita tidak perlu melakukan cut and fill sehingga gunung, danau, dan alam sekitar masih terjaga dengan baik,” ujar Menhub.

Baca Juga: Tak Kalah dari Perbankan! Segini Gaji Pegawai hingga Direktur Perhutani BUMN di Bidang SDA

Selain itu Menhub menegaskan bahwa IKN merupakan kota masa depan yang akan menjadi contoh kota-kota lain di Indonesia maka aksesibilitas dan konektivitas antar titik harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Menhub mengatakan Bandara berada sekitar 15 km dari pusat IKN dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit dan Terminal Bandara VVIP IKN dibangun diatas lahan seluas 7000 m2 dengan VVIP ± 1500 m2.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat