bdadinfo.com

Ramai Loker, Kabupaten Musi Banyuasin Cetak Rekor Penurunan Angka Pengangguran Tertinggi di Sumatera Selatan - News

Ramai Loker, Kabupaten Musi Banyuasin Cetak Rekor Penurunan Angka Pengangguran Tertinggi di Sumatera Selatan/ Instagram


- Kabar baik bagi warga kabupaten Musi Banyuasin, yang baru saja berhasil menurunkan angka pengangguran terbuka di provinsi Sumatera Selatan.

Statistik Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di kabupaten Musi Banyuasin atau ‘Muba’ turun sebesar 1,82% di tahun 2023 ini, tertinggi di provinsi Sumatera Selatan.

Berdasarkan berita resmi statistik Badan Pusat Statistik (BPS), penurunan angka ini merupakan rekor tertinggi dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di provinsi Sumatera Selatan.

 Baca Juga: Jalan Tol Trans Sumatera Bakal Nyambung Terus Sampai Jambi Akhir 2024, Bagaimana Nasib Tol di Sumbar? 

Kepala BPS Musi Banyuasin Trio Wira Dharma menjelaskan bahwa indikator ketenagakerjaan ini hasil dari upaya Pemerintah Kabupaten yang dipimpin oleh Penjabat Bupati H Apriyadi dalam penyelenggaraan program untuk mengurangi pengangguran.

Angka TPT Musi Banyuasin berada dibawah capaian nasional, sebesar 5,3% dan juga dibawah capaian provinsi Sumatera Selatan yaitu di 4,11%.

Bupati Muba H. Apriyadi telah melaksanakan berbagai kebijakan dan program dalam tujuan utama untuk menekan turun angka pengangguran di Musi Banyuasin.

 Baca Juga: Use Words in the Box to Complete the Following Sentences, Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 12 Halaman 69 70

Apriyadi percaya diri bahawa program yang dijalankannya sudah berjalan efektif bagi masyarakat, dan tercerminkan oleh pencapaian rekor tersebut.

Program masyarakat utama Apriyadi seperti pelatihan masif berbasis kompetensi yang bertujuan untuk meningkatkan skill diberbagai sektor industri seperti migas, pertambangan, perkebunan, konstruksi dan berbagai lainnya.

Langkah utama ini ditindaklanjuti dengan hadirnya Disnakertrans Muba (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Musi Banyuasin).

 Baca Juga: Use Words in the Box to Complete the Following Sentences, Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 12 Halaman 69 70

Disnakertrans Muba melayani informasi lowongan kerja, informasi pelatihan dan pembekalan kewirausahaan, pelaksanaan job fair, perlindungan tenaga kerja yang mengunci sinergitas kerjasama dengan berbagai stakeholders dan perusahaan di Muba, nasional maupun luar negeri.

"Tahun 2023 ini berbagai kebijakan dan prioritas pembangunan khususnya ketenagakerjaan telah didorong dalam rangka menurunkan angka pengangguran. Salah satunya adalah regulasi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pemberdayaan dan Penempatan Tenaga Kerja yang memprioritaskan serapan tenaga kerja lokal putra putri Kabupaten Musi Banyuasin, "ujar Bupati Muba Apriyadi pada hari Senin, 6 November 2023 di Sekayu.

Apriyadi menegaskan pihaknya bahwa telah melipatgandakan kolaborasi dengan berbagai pihak yang bersangkutan, terutama seluruh perusahaan swasta, BUMN, BUMD yang ada.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat