bdadinfo.com

Dapat Dukungan Internasional, Otorita IKN Janji akan Serius Jalani SDGS, Demi Rencana IKN Berkelanjutan? - News

Ilustrasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara  (Pexels / Francesco Ungaro)

Kunjungan UNESCAP ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dilakukan dalam rangka meninjau implementasi Sustainable Development Goals (SDGS).

Delegasi UNESCAP dan Otorita IKN mengunjungi dua lokasi yang berkaitan dengan progrem reforestasi dan pemberdayaan masyarakat.

Seperti dikutip dari YouTube Kang Ilo, di antaranya adalah persemaian Mentawir dan pertanian hidroponik dari warga Sepaku.

Baca Juga: Hutama Karya Siapkan Ruas Jalan Tol Ini untuk Libur Nataru 2024, Catat di Mana Saja!

Masyarakat di kedua program itu telah mengikuti pelatihan hasil kerja sama warga IKN dan BLK Samarinda selama 1 bulan pada tahun 2022.

Persemaian Mentawir dan pertanian hidroponik akan menjadi salah satu sumber data laporan dalam VLR Nusantara mengenai perkembangan SDJS di Indonesia.

Laporan ini akan ditunjukkan pada High Level Political Forum SDGS yang akan dilaksanakan di New York pada 2024.

Baca Juga: Investasi Capai Rp45 Triliun, Presiden Jokowi Disebut akan Segera Groundbreaking Tahap ke-3 di IKN

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono mengatakan bahwa aksi nyata dalam implementasi SDGS menjadi perhatian penting dalam pembangunan IKN.

Hal ini terlihat dari sejumlah proyek yang mengedepankan prinsip ekonomi berkelanjutan.

“Perhatian pertama kami, Otorita IKN, dalam membangun Nusantara adalah menjadikannya sebagai sustainable dan livable city, kota layak hidup dan berkelanjutan. Pengimplementasian SDJ sudah kita masukkan dalam setiap proyek di Nusantara,” kata Bambang dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Kumpulan Puisi untuk Rayakan Hari Ibu, Penuh Diksi Menyentuh Hati dan Rasa Cinta tak Terhingga

Dia melanjutkan bahwa ini terlihat dalam persemaian Mentawir, sebagai langkah awal reforestasi serta pertanian hidroponik dari warga Sepaku yang menjadi aksi dukungan usaha ekonomi yang berkelanjutan.

Sementara itu, Executive Director UNESCAP, Armida Alisjahbana mengatakan proses pembangunan yang dilakukan kementerian dan lembaga terkait bersama OIKN telah selaras dengan prinsip dan tren Global

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat