bdadinfo.com

Makin Maju! Progres Proyek Pembangunan Bandara VIP IKN sebagai Bagian Infrastruktur Indonesia - News

Progres pembangunan Bandara VIP di IKN (Pexels)

- Pembangunan infrastruktur di Indonesia yang sedang berlangsung saat ini merupakan kemajuan terbaru dari proyek pembangunan bandara VIP Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bandara ini tampaknya akan didesain khusus untuk kebutuhan elit, termasuk pemimpin negara dan militer, mirip dengan Bandara Halim di DKI Jakarta.

Seperti dikutip dari YouTube WPS Channel, saat ini, alat berat sedang aktif melakukan tahap awal pembangunan pada awal Januari 2024.

Baca Juga: Gara-gara Jalan tol Trans Sumatera Rampung! Penumpang Kereta Api Rajabasa Lari Malam dan Stasiun Sepi seperti Kuburan

Ini umumnya melibatkan pembentukan area kerja, penimbunan tanah yang tidak diperlukan, dan persiapan tanah merah untuk konstruksi.

Selain penimbunan dan penggalian, ada fokus pada perbaikan tanah untuk mengatasi permasalahan air di sekitar bandara VIP yang akan dikembangkan.

Hal ini dilakukan dengan tujuan memperluas pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut yang masih minim perumahan di sekitarnya.

Baca Juga: Pemkot Bogor Mulai Pembangunan Dua Sekolah Baru Ramah Lingkungan Tahun Ini, Begini Perencanaannya

Di wilayah IKN, bandara terdekat adalah di Balikpapan dan Samarinda yang dapat diakses melalui darat dari KPP atau ibukota Nusantara.

Jalan ini dapat mempersingkat waktu perjalanan dari 2 sampai 3 jam menjadi hanya sekitar 30 menit ke pusat kawasan tersebut.

Pembangunan ibu kota baru ini merupakan upaya pemerintah untuk meratakan pembangunan di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Gempa saat Live Stream, Streamer Wanita Tunjukkan Kesigapan Sistem Peringatan Dini di Jepang

Ini dilakukan dengan mengalihkan fokus dari Jawa dan Jakarta ke wilayah Indonesia timur seperti Papua, NTB, dan daerah lainnya.

Ini dicapai dengan proyek-proyek infrastruktur penting seperti tol, kereta api, dan fasilitas lainnya yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan Kalimantan, Papua, dan daerah lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat