bdadinfo.com

Menjadi Diri Sendiri Versi Lebih Baik : 12 Kebiasaan Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengontrol Emosi - News

Menjadi Diri Sendiri Versi Lebih Baik : 12 Kebiasaan Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengontrol Emosi/ Freepik

 

Emosi merupakan reaksi seseorang terhadap suatu kejadian, Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu.

Tidak semua orang tau bagaimana cara mengendalikan emosi. Sebagian orang mungkin marah karena orang lain tidak memvalidasi ide mereka atau kesulitan menyampaikan maksud dengan tepat.

Begitu emosi ini memuncak, manusia cenderung mengambil keputusan buruk sehingga merusak hubungan dan menyakiti orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga: Franz Beckenbauer Dikabarkan Meninggal Dunia, Selamat Jalan Legenda Sepak Bola Jerman

Berdasarkan video dari Chanel Top Think, terdapat 12 kebiasaan agar kamu dapat lebih mudah dalam mengontrol emosi :

1. Memejamkan Mata Selama 5 Detik
Dengan memejamkan mata selama 5 detik lalu mengatur napas sesaat ketika kita emosi, dapat mengurangi reaksi marah yang ada di otak dan melihat masalah dengan lebih jelas.

2. Cari Akar Masalah
Ketika kita mencari akar masalah, kita akan lebih fokus untuk mendapatkan solusi dibanding menambah masalah lain.

3. Jangan Memendam Perasaan
Coba lah untuk mengutarakan perasaan kita dibanding memendamnya. Memendam perasaan ini hanya akan membuat bom waktu yang suatu saat bisa meledak dan menimbulkan emosi yang lebih besar.

Baca Juga: Penggunaan Tanda Baca, Kata Berimbuhan dan Bahasa Asing pada Teks Laporan, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 171 172

4. Validasi Emosi
Memvalidasi perasaan diri sendiri sangat penting, karena orang lain belum tentu mengerti apa yang sedang kita alami. Validasi tersebut cukup dengan tanyakan pada diri sendiri seperti "apa yang sebenarnya sedang saya rasakan ? apakah saya marah atau sedih ? tidak sabar atau malu ?"

5. Kelola Stres
Stress sangat berpengaruh terhadap emosi kita, saat kita stress kesabaran akan menurun. Banyak cara untuk dapat mengelola stress diantaranya melakukan aktivitas seperti meditasi.

6. Ekspresikan Perasaan
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengekspresikan perasaan seperti menulis jurnal, curhat dengan kekasih, atau konsultasi dengan psikolog. Rutinkan mengungkapkan ekspresi ini setiap hari, dan kita akan mulai memahami diri sendiri dengan lebih baik.

Baca Juga: Urgensi Perumusan Masalah dan Isu Strategis Penyusunan RPJPD Sulawesi Barat

7. Salurkan Perasaan
Jika sedang berada dalam situasi stress, kita bisa menyalurkan perasaan tersebut dengan berbagai cara seperti bernyanyi sekeras mungkin, melukis, dan olah raga. Dengan begitu kita dapat menyalurkan emosi ini ke hal yang lebih positive.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat