bdadinfo.com

Siap-Siap daftar CPNS 2024. Cek Jadwal, Formasi dan Syarat Untuk Fresh Graduate, PPPK, Non-ASN, THK II - News

Siap-Siap daftar CPNS 2024. Cek Jadwal, Formasi dan Syarat Untuk Fresh Graduate, PPPK, Non-ASN, THK II/Youtube



- Presiden Joko Widodo didampingi Pratikno dari Kementerian Sekretariat Negara (Mensesneg) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB) Abdullah Azwar Anas mengumumkan tahun 2024 pemerintah membuka rekrutmen Calon Aparatur SIpil Negara (CASN), melalui keterangan pers (5-01-24)

Dalam pernyataanya pemerintah membuka formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 2.302.453 lowongan yang tersebar di Indonesia.

Sebagian besar dialokasikan bagi lulusan baru atau fresh graduate agar dapat menghadapi disrupsi teknologi yang besar karenanya dibutuhkan pemuda yang terampil dalam digital, efisiensi birokrasi, peningkatan kerja, dan akuntabilitas pemerintah

 Baca Juga: Berikut Manfaat Tidur Siang untuk Kecantikan Wajah dan Tubuh: Dapat Mengatasi Jerawat!

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB) Abdullah Azwar Anas, mengatakan akan menuntaskan permasalahan kerja dilingkungan pemerintah sesuai dengan amanat Undang-Undang No.20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Anas berkomitmen membuka ruang bagi tenaga Non-ASN untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) termasuk tenaga honorer kategori II (THK-2) agar dapat mendorong peningkatan kerja dan pelayanan publik secara merata di tanah air.

Dengan kuota sebanyak 1.605.694 khusus pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) dan CPNS untuk ditempatkan pada instasi daerah dan pusat termasuk kuota Ibu Kota Nusantara (IKN).

Secara rinci, kuota pendaftaran ASN 2024 untuk fresh graduate sebanyak 690.882 dan Instasi pusat sebanyak 429.183 diperuntukan tenaga teknis, tenaga guru, tenaga kesehatan berjumlah 191.787 sedangkan dosen 15.460 dan umum sebanyak 207.247 Formasi. Bagi peserta yang ingin mendaftarkan pada CPNS Instasi daerah memiliki kuota 1.867.333 dan PPPK sebanyak 1.383.758 formasi.

 Baca Juga: JK Sebut Pilpres Sulit Jika Hanya dalam 1 Putaran: 85 Juta Suara itu Tidak Mudah!

Menurut Nanang Suhandi selaku PLT. Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN, terkait seleksi CASN 2024 sudah membentuk Panselnas yang bertugas menetapkan kebutuhan, kriteria dan agenda seleksi.

Dalam perencanaan penyusunan jadwal akan disesuaikan dengan tahapan seleksi CPNS 2023, diperkirakan pendaftaran CPNS akan ditargetkan pada bulan Maret-Mei 2024 yang akan diinformasikan melalui laman resmi BKN.

Berikut cara Pendaftaran akun CASN sesuai nomor 27 tahun 2021 tentang pengadaan pegawai negeri sipil.

1. Buka laman resmi SSCASN di di sscasn.bkn.go.id

2. Masukan nomor induk kependudukan (NIK) sebagai nama pengguna dan password

Baca Juga: JK Sebut Pilpres Sulit Jika Hanya dalam 1 Putaran: 85 Juta Suara itu Tidak Mudah!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat