bdadinfo.com

Horas! Medan-Padang Tersambung Jalan Tol Paling Memukau dan Terindah di Indonesia Melewati 2 Terowongan Megah di Pinggir Danau Toba - News

tol KUTEPAT nantinya akan semakin mempermudah akses dari Medan ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara dari yang awalnya 3,5 jam perjalanan menjadi 1,5 jam saja.

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong penyelesaian pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (KUTEPAT) tepatnya pada Seksi 1 hingga 4 segmen Tebing Tinggi - Pematang Siantar yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita.

Pembangunan ruas tol KUTEPAT nantinya akan semakin mempermudah akses dari Medan ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara dari yang awalnya 3,5 jam perjalanan menjadi 1,5 jam saja.

Progres pembangunan Seksi 1 Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 20,40 km saat ini sudah selesai 100%, Seksi 2 Indrapura - Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km mencapai 95,36%, Seksi 3 Tebing Tinggi - Serbelawan sepanjang 30 km sudah 87,68%, dan Seksi 4 Serbelawan - Pematang Siantar sepanjang 28 km telah mencapai 68,71% yang ditargetkan ke 4 Seksi tersebut selesai konstruksinya pada akhir tahun 2023 ini.

Baca Juga: Polri Amankan Barang Bukti Berupa Ponsel Milik Pelaku Pengancaman Capres Anies

Sementara Seksi 5 Pematang Siantar - Seribudolok sepanjang 22,30 km dan Seksi 6 Seribudolok - Parapat sepanjang 16,70 km yang merupakan dukungan pemerintah masih dalam tahap finalisasi desain.

Nantinya Jalan Tol ini akan tersambung langsung dengan Jalan Tol yang berada di Sumatera Utara, yakni Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi dan Jalan Tol Indrapura - Kisaran.

Jalan Tol Kutepat merupakan Jalan Tol yang masuk ke dalam program Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 109 Tahun 2022 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Jalan Tol ini juga menjadi konektivitas distribusi logistik (jalur backbone) di Sumatera Utara, khususnya dari dan menuju Pelabuhan Kuala Tanjung. Serta menjadi konektivitas pendukung menuju Pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei.

Baca Juga: Resmi Diperkenalkan oleh Inter Miami, Luis Suarez Ungkap Keinginan untuk Klub Barunya Tersebut

Parapat adalah salah satu Kelurahan yang berada di wilayah kecamatan Girsang sipangan Bolon Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara

Kelurahan ini merupakan salah satu akses menuju ke Danau Toba dan Kabupaten Samosir berjarak sekitar 48 km dari kota Pematang Siantan Parapat menjadi salah satu titik persinggahan penting dari jalan raya lintas Sumatera bagian barat.

Yang menghubungkan Kota Medan dengan Kota Padang di Parapat atau perapat di mana terdapat Danau Toba yang sudah dikenal sebagai objek wisata yang begitu populer oleh masyarakat bahkan sampai ke mancanegara.

Di Parapat juga terdapat pelabuhan feri yang bisa mengantar Anda ke Pulau Samosir atau berkelilingkeliling mengarungi Danau Toba.

Jika menggunakan jalur nasional jarak dari kota Medan ke rapat sekitar 174 KM dan memakan waktu selama 4 jam maka dengan itu pemerintah pusat dipastikan tetap akan membangun ruas jalan tol Pematang Siantar Parapat sepanjang sekitar 39 km di provinsi Sumatera Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat