bdadinfo.com

Kementerian PUPR Laporkan Kemajuan Signifikan Pembangunan IKN, Sudah Hampir 75 Persen - News

Kementerian PUPR melaporkan bahwa progres IKN telah mencapai 74,87%

- Kabar terbaru tentang pembangunan Ibu Kota Nusantara menunjukkan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah melaporkan kemajuan signifikan dalam pembangunan infrastruktur dasar pada tahap pertama proyek ini. 

Dari sisi jadwal dan target yang ditetapkan oleh pemerintah, progres pembangunan sudah mencapai 74,87% pada tanggal 15 Februari tahun 2024.

Sejak awal September tahun 2022, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah memulai pembangunan infrastruktur dasar.

Baca Juga: Bukan di IKN! Jembatan Tercanggih di Indonesia Ini Dibangun Pakai Dana Setengah Triliun, Menghubungkan 2 Titik di Kalimantan

Termasuk di antaranya konektivitas, penyediaan air baku, sanitasi, serta kantor-kantor pemerintahan di kawasan inti pusat pemerintahan, yang sering disebut KPP. 

Pembangunan ini menjadi modal utama untuk membangun kepercayaan publik dan menarik investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pada bulan Juli tahun 2024, 12 Tower Hunian akan selesai dibangun dan dilengkapi furniture untuk langsung digunakan oleh aparatur sipil negara, TNI, dan Polri, khusus untuk persiapan upacara tanggal 17 Agustus tahun 2024. 

Baca Juga: Bandara IKN Dibangun di Atas Lahan Bekas Sawit Seluas 347 Hektar! Bentuk Transformasi Senilai Rp4,5 Triliun di Kalimantan Timur

Otorita Ibu Kota Nusantara juga berfokus pada memastikan ketersediaan akomodasi dan mobilitas bagi para tamu yang menghadiri upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Seperti yang dikutip dari YouTube Lensa Proyek, pada tanggal 17 Agustus 2024, IKN Nusantara akan beroperasi secara perdana. 

Ini menjadi simbol tonggak bagi bangsa Indonesia untuk memulai IKN Nusantara sebagai ibu kota baru negara kita. 

IKN Nusantara bukan hanya sebagai ibu kota pemerintahan, tetapi juga untuk sektor swasta, terutama yang bergerak di bidang keuangan, seperti bank-bank yang mulai membangun kantornya di sana.

Pada bulan Agustus tahun 2024, Otorita IKN tidak hanya akan melakukan ground breaking, tetapi juga topping off di mana hotel-hotel yang dibangun di IKN Nusantara sudah beroperasi. 

Dari sisi pembangunan infrastruktur, proyek pembangunan IKN Nusantara terbagi menjadi dua bagian hingga akhir tahun 2024. 

Konstruksi untuk bagian pertama sudah mencapai 74,87% per tanggal 15 Februari 2024, sementara bagian kedua sudah mencapai 24%. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat