bdadinfo.com

Gara-gara Proyek Jalan Tol! Beberapa Desa di Jambi Banjir Duit yang Terletak di Seputar Gerbang dan Exit Hingga Rest Area Proyek Jalan Tol Jambi - News

tol Jambi akan memiliki empat gerbang tol, yaitu gerbang tol Betung-Jambi yang berlokasi di Desa Sebapo, dan gerbang tol Simpang Ness di Kecamatan Jambi luar kota.

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan panjang keseluruhan yakni 169,9 km.

Jalan Tol ini akan dibangun secara bertahap dan dibagi menjadi 4 seksi meliputi Seksi Betung-Tungkal Jaya, Tungkal Jaya-Bayung Lencir, Bayung Lencir-Tempino, dan Tempino-Sp. Ness.

Saat ini tengah dilakukan pembangunan Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino sepanjang 34 Km yang merupakan Jalan Tol pertama di Provinsi Jambi menyambungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung.

Baca Juga: Andre Rosiade: Sesuai Arahan Prabowo, Gerindra Sumbar Sebar 73 Ekor Sapi Kurban

Untuk progres konstruksi Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino saat ini telah mencapai 29,12% ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino merupakan upaya besar Pemerintah untuk meningkatkan konektivitas khususnya di Pulau Sumatera sehingga dapat memangkas waktu perjalanan yang semula 4 hingga 5 jam menjadi 1,5 jam saja sehingga dapat menghemat waktu perjalanan hingga 50%.

Jalan Tol yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) ini telah mendapat dukungan masyarakat, pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah sehingga diharapkan selesai tepat waktu sesuai dengan target penyelesaiannya dan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca Juga: Bocoran dari Gubernur Terkait Pembahasan 3 Seksi Jalan Tol Padang – Pekanbaru Lainnya di Sumbar, Selain Tol Pacin Manakah yang Akan Dikebut?

Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi dibangun dengan 2 skema pembiayaan konstruksi, yakni melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sepanjang 136,3 Km dan dukungan konstruksi Pemerintah sepanjang 34 Km.

Pembangunan jalan tol di Jambi sangat ditunggu-tunggu masyarakat, karena merupakan tol pertama yang ada di Jambi dan pastinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Saat ini, perkembangan pembangunan tol Jambi sudah sangat terlihat, karena di beberapa lokasi sudah hampir selesai pembangunannya.

Diketahui, tol Jambi akan memiliki empat gerbang tol, yaitu gerbang tol Betung-Jambi yang berlokasi di Desa Sebapo, dan gerbang tol Simpang Ness di Kecamatan Jambi luar kota.

Kemudian gerbang tol Jambi-Rengat berada di Desa Gerunggung dekat perkantoran Pemerintah Muaro Jambi, dan gerbang tol di Dusun Mudo, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang berbatasan dengan Provinsi Riau.

Dihimpun dari data BPJN Jambi, selain gerbang tol tersebut, nantinya di tol Jambi juga akan dibanhun exit tol di lokasi yang sama.

Seperti contoh, exit tol di lokasi Simpang Ness yang diyakini banyak pengendara keluar menuju lintas Sumatera bagian tengah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat