bdadinfo.com

Pemko Padang Dukung Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip - News

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar bersama Pj Sekda Yosefriawan, Inspektur Arfian, serta para Asisten, seluruh pimpinan OPD dan Camat se-Kota Padang. (Humas Pemko Padang )

- Pemerintah Kota (Pemko) Padang mendukung penuh Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA), sebagai Nawacita Presiden RI di bidang kearsipan.

Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan komitmen bersama tentang GNSTA tersebut, oleh sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Padang di sela Rapat Staf Bulanan Jajaran Pemko Padang di Kantor Balai Kota Padang, Rabu, 12 Juni 2024.

Ikut menyaksikan Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar bersama Pj Sekda Yosefriawan, Inspektur Arfian, serta para Asisten, seluruh pimpinan OPD dan Camat se-Kota Padang.

Baca Juga: Tahapan Pilwako Padang 2024 Resmi Diluncurkan, Andree Algamar: Mari Kita Ciptakan Pilkada yang Berkualitas!

Dalam sambutannya Pj Wali Kota menyampaikan, arsip atau dokumen negara mempunyai peran yang sangat strategis dalam menyukseskan penyelenggaraan negara. Hal itu mengingat arsip merupakan identitas dan jati diri bangsa, sekaligus sebagai memori kolektif dan bahan pertanggungjawaban dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Saya sangat mengapresiasi penandatanganan komitmen bersama GNSTA ini, sebagai bentuk keseriusan dan kesepakatan seluruh OPD dalam melakukan penanganan, penataan serta pemeliharaan dan penyusutan arsip sebagai bagian dari daur hidup arsip," ujar Pj Wali Kota.

Menurut Andree, penandatanganan komitmen bersama GNSTA ini merupakan momentum bagi Pemko Padang dalam mewujudkan pengelolaan arsip yang handal, terjaminnya keselamatan dan keamanan arsip hingga keselamatan aset daerah.

Baca Juga: Buka Bimtek Jitu Pasna BPBD Kota Padang, Andree Algamar: Data Faktor Dasar Pemulihan Pasca Bencana

"Semoga dengan itu bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kesadaran semua elemen birokrasi pemerintah. Saya mengapresiasi kepada 5 OPD yang telah melakukan penyerahan arsip dan 9 OPD yang melakukan pemusnahan arsip di kesempatan ini. Bagi OPD yang belum agar segera melakukannya," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Feri Mulyani menyebut, penandatanganan komitmen bersama GNSTA disertai penyerahan arsip usul serah/permanen dan pemusnahan arsip di lingkungan Pemko Padang kali ini sangat penting dilakukan.

"Tujuannya adalah mewujudkan komitmen organisasi untuk sadar dan tertib arsip. Begitu pula mendukung pemenuhan dalam pengawasan internal kearsipan pada setiap OPD di lingkup Pemko Padang," katanya.

"Kita menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Lembaga Arsip Nasional (LAN) RI. Alhamdulillah, berdasarkan hasil audit pengawasan kearsipan di tahun 2023 memberikan penghargaan kepada Pemko Padang dengan kategori memuaskan atau nilai A. Semoga di tahun 2024 ini kita bisa naik meraih predikat AA," sambung Feri Mulyani menambahkan. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat