bdadinfo.com

Buka Bimtek Jitu Pasna BPBD Kota Padang, Andree Algamar: Data Faktor Dasar Pemulihan Pasca Bencana - News

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Harmadi Algamar membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, di Pangeran Beach Hotel, Senin, 10 Juni 2024. (Humas Pemko Padang )

- Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Harmadi Algamar membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, di Pangeran Beach Hotel, Senin, 10 Juni 2024.

Andree Harmadi Algamar mengatakan, Kota Padang sebagai ibukota Provinsi Sumatera Barat merupakan daerah rawan bencana. Potensi bencana alam yang dimiliki diantaranya banjir, longsor, angin puting beliung, abrasi pantai, gempa bumi, bahkan tsunami.

"Kita tidak tahu kapan bencana ini akan terjadi, namun kita perlu melakukan persiapan. Salah satunya memperkuat sumber daya manusia (SDM ) untuk melakukan pengkajian kebutuhan pasca bencana, yang menjadi dasar dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi pemulihan pasca bencana," jelas Andree Algamar.

Baca Juga: Pj Wako Padang Andree Algamar Lepas Aldri dan Aya Ikuti Seleksi Paskibraka Nasional

Andree menilai, melalui penguatan sumber daya manusia, maka pendataan kerugian akibat bencana alam akan dapat diidentifikasi dengan baik. Dari data identifikasi tersebut maka akan terlihat apa saja kerugian yang dialami sehingga bisa dicarikan solusi untuk pemulihan.

"Data sangat penting dalam penanganan dan penanggulangan bencana. Kesalahan data maka akan berdampak pada salah kebijakan. Untuk itu aspek data menjadi hal dasar dalam pemulihan pasca bencana," pungkas Andree Algamar.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Padang Hendri Zulviton menyampaikan, peserta Bimtek Jitupasna ini berjumlah sebanyak 35 orang, yang terdiri dari pegawai OPD teknis sebanyak 16 orang, aparatur kecamatan 11 orang, dan dari BPBD sebanyak 8 orang.

Baca Juga: Pj Wako Padang Andree Algamar Tanam Pohon Alpukat di Kebun APEKSI Balikpapan

"Bimtek ini kita gelar selama tiga hari, dari 10-12 Juni dengan menghadirkan narasumber dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), BPBD Provinsi Sumatera Barat, dan Bappeda Kota Padang," ucapnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat