bdadinfo.com

Hadiri Peringatan HLUN ke-28 Tingkat Sumbar, Andree Algamar Sampaikan Pentingnya Memperhatikan Lansia - News

Hadiri Peringatan HLUN ke-28 Tingkat Sumbar, Andree Algamar Sampaikan Pentingnya Memperhatikan Lansia (Humas Pemko Padang )

- Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) yang telah memilih Kota Padang sebagai tuan rumah pelaksanaan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-28 Tahun 2024 Tingkat Provinsi Sumbar.

Hal ini disampaikan Pj Wali Kota dalam sambutannya pada acara yang dilangsungkan di halaman depan Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center Padang itu, Kamis, 30 Mei 2024.

Kegiatan ini berlangsung semarak dengan diisi pemberian piagam penghargaan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi bagi sejumlah tokoh lanjut usia (Lansia) Sumbar tahun 2024. Selain itu disusul penampilan tari pasambahan dari para lansia Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin, serta pembacaan kitab suci Alquran dan doa oleh perwakilan lansia PSTW Kasih Sayang Ibu Batusangkar.

Baca Juga: Percepat Penanggulangan dan Pengurangan Risiko Bencana di Padang, Andree Algamar Perkuat Koordinasi Stakeholder

Andree menyebutkan, pada momentum HLUN Ke-28 Tahun 2024 ini, Pemko Padang berniat melakukan beberapa program sebagai bentuk kepedulian terhadap para lansia di Kota Padang.

Diantaranya berencana menggratiskan ongkos Bus Trans Padang bagi para lansia dalam sepekan ke depan.

"Kita akan membuat surat edaran terkait hal ini. Upaya tersebut sebagai bentuk perhatian kita kepada para lansia yang ada di tengah-tengah kita, yang kaya akan pengalaman, pengetahuan dan kebijaksanaan," ungkap Pj Wako.

Baca Juga: Andree Harmadi Algamar Lantik Yosefriawan Sebagai Pj Sekda Kota Padang

Senada dengan itu, Kepala Dinas Sosial Kota Padang Heriza Syafani menyebutkan, pada momentum peringatan HLUN ke-28 tahun 2024, Pemko Padang melalui Dinas Sosial memberikan sejumlah bantuan kepada para lansia di Kota Padang.

"Bantuan yang kita serahkan terdiri dari bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) dan makanan. Untuk bantuan UEP diberikan untuk 11 orang lansia dengan masing-masingnya menerima sebesar Rp 6.072.000. Sementara bantuan makanan diterima 110 orang lansia dengan per orangnya menerima Rp 489.500," sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi saat membuka kegiatan menyampaikan HLUN yang jatuh pada tanggal 29 Mei diperingati setiap tahunnya di seluruh daerah di Indonesia. Untuk tingkat Provinsi Sumbar di tahun ini memilih Kota Padang selaku tuan rumah.

"Peringatan HLUN ini sebagai bentuk apresiasi terhadap peran penting para lansia di tengah masyarakat. Saya berharap semua pihak khususnya pemerintah kabupaten/kota di Sumbar dapat melakukan perawatan dan penghargaan terhadap lansia. Kemudian memastikan mereka dapat hidup dengan sejahtera, sesuai tema peringatan HLUN di tahun ini "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat"," ujar Mahyeldi.

Dalam kesempatan itu juga hadir Ketua Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Provinsi Sumbar Ali Asmar, Kepala BBPPKS Regional I Sumatera serta pimpinan OPD terkait di lingkup Pemprov Sumbar dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota se-Sumbar. Selain itu juga hadir Ketua Umum LKKS Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi, Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap serta Camat dan Ketua PSM Kecamatan se-Kota Padang. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat