bdadinfo.com

Salat Idul Adha 1445 H di Semen Padang, Direktur Operasi: Pentingnya Pengorbanan untuk Tujuan yang Lebih Besar - News

Salat Idul Adha 1445 H di Semen Padang, Direktur Operasi: Pentingnya Pengorbanan untuk Tujuan yang Lebih Besar (IST)

PADANG, - Takbir dan takhmid berkumandang di Masjid Raya Jabal Ramah PT Semen Padang menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1445 H, Senin (17/6/2024) pagi. Seribuan jamaah yang mayoritas merupakan masyarakat di lingkungan perusahaan PT Semen Padang, telah memenuhi masjid terbesar di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang itu sejak pukul 07.30 WIB.

Nampak hadir Manajemen PT Semen Padang, Direktur Operasi PT Semen Padang, Pri Gustari Akbar, Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang, Oktoweri, Komisaris Kharul Jasmi, serta ratusan karyawan Semen Padang Group beserta keluarganya. Bertindak sebagai Khatib adalah Ustadz Syahrial, MA, dan Imam Sholat Ustadz Rico Febrianto, S.Pdi.

Salat Idul Adha itu sejatinya akan digelar di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang. Namun, hujan lebat yang mengguyur Kota Padang, panitia pelaksanaan Salat Idul Adha yang terdiri dari Panitia Tetap Syiar Agama Islam PT Semen Padang bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kelurahan Indarung, kemudian memindahkan pelaksanaan Salat Idul Adha ke Masjid Raya Jabal Ramah PT Semen Padang.

Baca Juga: Jalan Tol Sepanjang 32 Km ini Siap Melintasi Kecamatan Harau dan Pangkalan di Sumatera Barat: Pemda Mulai Garap Agustus 2024?

Direktur Operasi PT Semen Padang Pri Gustari Akbar dalam Sambutannya menyampaikan, Hari Raya Idul Adha adalah momen istimewa yang mengingatkan pada nilai-nilai pengorbanan, kesabaran dan keikhlasan. Hari Raya Idul Adha juga mengenang kisah Nabi Ibrahim AS yang menunjukkan ketundukan dan ketaatan yang luar biasa kepada Allah SWT, serta kisah Nabi Ismail AS yang dengan ikhlas menjalankan perintah Allah SWT.

"Makna Hari Raya Idul Adha mengajarkan kita tentang pentingnya pengorbanan untuk tujuan yang lebih besar. Dalam konteks pekerjaan kita, hal ini mengingatkan kita bahwa terkadang kita harus berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar, baik itu dalam bentuk waktu, tenaga, atau sumber daya. Selain itu, kita juga dapat mengambil makna kebersamaan dan kepedulian pada Hari Raya Idul Adha ini," katanya.

Pada moment Hari Raya Idul Adha ini, umat muslim diajak untuk berbagi dengan sesama, khususnya dengan mereka yang membutuhkan. Semangat kebersamaan ini tentunya sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari di tempat kerja. "Maka dari itu, mari kita aplikasikan semangat kebersamaan ini dengan meningkatkan kolaborasi dan saling mendukung di antara kita," tuturnya.

Pada Idul Adha 1445 H tahun ini, sebutnya, PT Semen Padang yang merupakan bagian dari SIG juga membagikan sebanyak 33 ekor sapi kurban yang diserahkan kepada masyarakat di Lubuk Kilangan, Pauh, dan Lubuk Begalung, termasuk untuk daerah perwakilan PT Semen Padang di Dumai, Lampung, Aceh dan Bengkulu. Penyerahan hewan kurban ini merupakan sebagai bentuk kepedulian perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat lingkungan.

"Penyerahan sapi kurban ini merupakan salah satu agenda rutin perusahaan tiap tahunnya. Bagi PT Semen Padang sendiri, penyerahan sapi kurban ini juga sebagai upaya dalam melaksanakan syiar agama Islam di lingkungan perusahaan. Diharapkan, pembagian sapi kurban ini dapat mempererat silahturahmi antara PT Semen Padang dengan masyarakat lingkungan," katanya.

Baca Juga: Pemerintah Kota Pariaman Laksanakan Salat Idul Adha 1445 H di Masjid Nurul Hidayah Kelurahan Kampung Pondok

Pada kesempatan yang baik ini, Pri Gustari mengajak seluruh jamaah Salat Idul Adha di Masjid Raya Jabal Ramah Semen Padang untuk bersama-sama mendoakan umat muslim yang tengah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci di Mekkah, agar mereka diberi kelancaran melaksanakan seluruh rangkaian ibadah, meraih haji Mabrur dan dukungan masyarakat lingkungan terhadap perusahaan. "dan juga kami berharap dukungan kepada PT Semen Padang ditengah ketatnya persaingan industri semen agar kami dapat terus memberikan kontribusi kepada masyarakat dan negara," ujarnya.

Keteladanan Nabi Ibrahim dan Keluarganya

Sementara itu, Khatib Salat Idul Adha Ustadz Syahrial, MA dalam khutbahnya menyampaikan ceramah tentang keteladanan Nabi Ibrahim dan Keluarganya. Kata dia, keluarga Nabi Ibrahim AS adalah keluarga yang saleh. Kesalehan tidak akan dicapai kecuali dengan ilmu dan amal. Tanpa ilmu, seseorang tidak akan mampu beramal dengan benar sesuai tuntutan syariat. "Tanpa ilmu dan tanpa amal, juga tidak akan mendekatkan diri kepada Allah dan tidak akan mengantarkan seseorang menjadi pribadi yang saleh," kata Ustadz Syahrial.

Ustadz Syahrial yang juga Ketua Lembaga Pendidikan Ma'arif Sumbar itu menyampaikan, ada banyak sekali sisi kesalehan keluarga Nabi Ibrahim yang dapat diteladani. Di antaranya, Nabi Ibrahim sangat kuat memegang teguh aqidah dan syariat. Allah SWT berfirman dalam Surat Ali 'Imran ayat 67 yang artinya "Ibrahim bukanlah seorang Yahudi dan bukan pula seorang Nasrani, melainkan dia adalah seorang yang memegang teguh Islam. Dia bukan pula termasuk golongan orang-orang musyrik".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat