bdadinfo.com

Sumbar-Jabar Satu Penderitaan! Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin Sudah 6 Tahun Belum Kelar Mirip Jalan Tol Cimanggis-Cibitung 9 Tahun Baru Rampung - News

 Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan jalan Tol Cimanggis-Cibitung di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400, Jalan Tol Cimanggis–Cibitung, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Selasa (9/7/2024). Keberadaan tol ini, bisa memangkas waktu tempuh dari dua jam menjadi 30 menit dari Cimanggis ke

- Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung selama sembilan tahun baru rampung ternyata tak hanya dialami tol Padang-Sicincin. Ruas tol dengan Panjang lebih kurang 36 kilometer itu, hampir enam tahun juga belum kelar. Bahkan, pembebasan lahan juga masih terkendala.

Tol lain yang butuh waktu lama adalah Tol Cimanggis-Cibitung. Ruas itu dibangun pada 2012, baru 2024 rampung dan diresmikan. Tol itu diresmikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Selasa (9/7/2024).

Pemerintah berkomitmen kuat menciptakan konektivitas nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan perluasan pemerataan pembangunan.

Baca Juga: Kalahkan Belanda di Menit Terakhir, Inggris Lolos ke Final Euro untuk Kedua Kali Berturut-turut!

Upaya ini salah satunya digenjot melalui pembangunan jalan tol, termasuk Jalan Tol Cimanggis–Cibitung di kawasan Jabodetabek.

Diperkirakan, keberadaan jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung menjadi sekitar hanya 30–45 menit, dari sebelumnya 1–2 jam melalui jalan arteri.

“Konektivitas antarkawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya diharapkan dapat meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dengan jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat meresmikan tol sepanjang 26,18 kilometer di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400, Jalan Tol Cimanggis–Cibitung, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Wapres mencatat, Jalan Tol Cimanggis–Cibitung yang juga merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) ini, akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan ini yang nantinya akan menyumbang pembangunan ekonomi kawasan dan nasional. Untuk itu, ia memberikan 3 langkah strategis dalam mendukung upaya tersebut.

“Pertama, pastikan keberadaan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat,” tegasnya.

Wapres pun menekankan bahwa pembangunan infrastruktur pendukung lainnya harus ditingkatkan secara lengkap. Ini termasuk peningkatan akses dan kualitas jalan yang terhubung langsung dengan jalan tol, serta fasilitas transportasi publik yang lebih baik.

Baca Juga: Lebih Cepat Dari Target! Sumatera Utara Siap Lakukan Uji Laik Fungsi untuk 2 Jalan Tol Terbaru di Bulan ini: Peresmian Semakin Dekat

Wapres juga menyoroti pentingnya kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat.

“Hal ini penting demi peningkatan kualitas hidup masyarakat,” tegasnya.

Tingkat aksesibilitas yang tinggi, menurutnya, akan mendorong daya saing daerah, menarik investasi, dan menciptakan lapangan kerja baru, sehingga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Kedua, Wapres menekankan pentingnya implementasi prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola dalam pembangunan jalan tol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat